Siap Terima Partai Lain, KIB Jatim: Monggo Kalau Gabung

Faiq Azmi - detikJatim
Senin, 13 Jun 2022 18:46 WIB
Konsolidasi KIB Jatim di Surabaya
Konsolidasi KIB Jatim di Surabaya. (Foto: Faiq Azmi/detikJatim)
Surabaya -

Tiga pimpinan partai politik di Jawa Timur yang tergabung dalam Koalisi Indoensia Bersatu (KIB) berkumpul di Surabaya, Senin (13/6/2022). Mereka membahas langkah strategis dan kebijakan politik mulai tingkat pusat hingga daerah.

Setelah menggelar konsolidasi, Ketua Golkar Jatim M Sarmuji menemui awak media. Dia mengaku siap menerima partai lain jika ingin bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu.

"Dengan senang hati kami menerima parpol yang belum bergabung, kami terbuka," jelas Sarmuji kepada wartawan.

Sarmuji mengungkapkan, parpol yang belum bergabung dengan KIB di pusat, bisa bergabung dahulu di Jatim. Ia menuturkan, pintu masuk ke KIB terbuka untuk partai manapun.

"Kalau yang pusat belum gabung, mungkin bisa gabung ke Jatim lah dulu. Kami terbuka, monggo (mari) kalau gabung," kata Sarmuji.

Sarmuji membeberkan bahwa ketiga partai sepakat untuk meneruskan koalisi yang ada di pusat untuk turun sampai tingkat kabupaten/kota.

"Kami bersepakat untuk menurunkan KIB sampai ke level kabupaten/kota, dan sudah beberapa kabupaten/kota melakukan silaturahmi. Kami juga ingin tegaskan lagi dengan agenda jelas, nanti akan kami kumpulkan seluruh DPRD se-Jatim dari 3 partai beserta seluruh anggota DPR RI untuk mendengar arahan langsung ketum," bebernya.

"Mudah-mudahan bisa datang bertiga ketum untuk bisa menegaskan motivasi tujuannya KIB, agar ada kesamaan pandang antara partai politik sampai tingkat kabupaten kota. Itu rumusan penting yang dihasilkan hari ini," sambungnya.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini menambahkan, KIB merupakan koalisi yang meletakkan ego partai demi kepentingan yang lebih besar, yakni Indonesia lebih baik.

"Kami berkumpul di wadah KIB ini, meletakkan ego masing-masing partai untuk kepentingan yang lebih besar yakni Indonesia yang lebih maju dan sejahtera," tandasnya.

Hadir dalam pertemuan ini Ketua DPW PPP Jatim Mundjidah Wahab, Ketua PAN Jatim Ahmad Riski Sadiq. Sejumlah pengurus DPD Golkar Jatim seperti Bendahara sekaligus Ketua Fraksi Golkar DPRD Jatim Blegur Prijanggono dan pengurus PPP Jatim serta PAN Jatim juga hadir.



Simak Video "PDIP Sindir Koalisi Indonesia Bersatu, Golkar: Cegah Polarisasi 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)