Honorer Bangkalan Baca Surah Al-Ikhlas 5.000 Kali untuk Menpan RB

Kamaluddin - detikJatim
Jumat, 10 Jun 2022 18:56 WIB
Puluhan tenaga honorer bacakan Surah Al-Ikhlas 5.000 kali
Puluhan tenaga honorer bacakan Surah Al-Ikhlas 5.000 kali. (Foto: Kamaluddin/detikJatim)
Bangkalan -

Puluhan tenaga honorer Bangkalan bacakan Surah Al-Ikhlas untuk Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Tujuannya untuk mengetuk hati Menpan-RB.

Menpan-RB Tjahjo Kumolo mengeluarkan surat edaran untuk menghapus tenaga honorer pada 28 November 2023. Surat edaran bernomor B/185/M.SM.02.03/2022 itu diundangkan pada 31 Mei 2022.

Ketua Paguyuban Honorer Bangkalan Agus Suprapto mengatakan pembacaan surah Al-Ikhlas itu dilakukan sebanyak 5.000 kali. Tujuannya agar Menpan-RB mengubah aturan penghapusan honorer itu.

Sebab bila tidak ada solusi terkait aturan itu, menurutnya akan ada banyak tenaga honorer yang terancam menjadi pengangguran.

"Kami bacakan surah tersebut untuk mengetuk hati para pejabat di Menpan RB agar mengubah aturan itu," ujarnya, Jumat (10/6/2022).

Ia juga menyampaikan tidak sepakat bila tenaga honorer diubah menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Ia juga mengaku kecewa adanya aturan yang memutus kontrak secara sepihak.

"Kami sudah mengabdi selama puluhan tahun dan tiba-tiba dikeluarkan aturan penghapusan itu. Kalau langsung dijadikan PNS kami bisa terima. Tapi ini, kan, tidak jelas. Memang ada pilihan ke PPPK, tapi kami memilih jadi honorer saja," katanya.

Kekecewaan juga diungkapkan salah satu tenaga honorer yang telah mengabdi 18 tahun Suparman. Ia mengaku kecewa dengan aturan itu. Menurutnya tenaga honorer telah banyak membantu kinerja di banyak instansi.

"Kami berharap pemerintah bisa mengambil kebijakan yang menguntungkan dua belah pihak. Aturan penghapusan ini membuat kami resah. Kami punya keluarga yang harus dinafkahi. Jika penghapusan dilakukan anak istri kami makan apa?" Katanya.



Simak Video "Jokowi Belum Tentukan Pengganti Tjahjo Kumolo: Masih dalam Proses"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)