Menikahi Gadis di Bawah Umur, Kasun di Ngawi Ternyata Sudah Beristri

Sugeng Harianto - detikJatim
Selasa, 07 Jun 2022 10:15 WIB
Viral pernikahan kasun dengan gadis di Ngawi
Kasun SM (kanan) dan SCP. (Foto: Tangkapan layar)
Ngawi -

SM (50), seorang kepala dusun (kasun) salah satu desa di Kecamatan Kedunggalar, Ngawi menikahi seorang gadis belia berusia 16 tahun berinisial SPC. Usut punya usut, SM ternyata berstatus sebagai suami orang.

"SM statusnya punya istri," cerita Budi salah seorang kepala dusun di desa tempat tinggal SPC kepada kepada detikJatim, Selasa (7/6/2022).

Budi menambahkan, istri sah SM saat ini tidak berada di rumah. SM dan istrinya sudah memiliki 2 anak.

"Info yang saya dengar, istrinya kerja di luar negeri, di Taiwan katanya. Mereka punya dua anak," terang Budi.

Budi memastikan, SM dengan SPC menikah secara siri. Keluarga kedua mempelai tersebut sama sekali tidak mengundang tetangga maupun perangkat desa.

"Kami (perangkat desa) dan tetangga tidak ada yang tahu tempat menikah nya," ucap Budi.

Sementara itu Hartini (34), ibu kandung mempelai SPC yang tinggal di Aceh juga telah mengetahui bahwa Kasun SM masih punya istri sah.

"Betul, kasun yang menikahi anak saya itu (SM), statusnya punya istri sah. Istrinya kerja di luar negeri, di Taiwan," jelas Hartini.

Meski sudah lama bercerai dengan suaminya, Hartini mengaku tidak setuju dengan pernikahan tersebut. Biar bagaimanapun, SPC masih darah daging Hartini. Dia merasa anak perempuannya itu masih belum cukup usia untuk menikah. Apalagi yang meminangnya adalah pria berstatus istri orang.

"Saya hubungi ndak pernah diangkat ponselnya anak saya," paparnya.

Hartini menambahkan, dia sudah berkomunikasi dengan istri sah Kasun SM yang berada di Taiwan. Sang istri juga mengirimkan buku nikah, sebagai bukti bahwa pernikahannya dengan Kasun SM masih sah secara hukum dan agama.

"Ini buku nikahnya Kasun dengan istri sah yang kerja di luar negeri, dikirim ke saya," tukasnya.

Sebelumnya viral di grup Facebook Info Cepat Ngawi Peduli, seorang ibu pemilik akun Bundane Aulia Riski mencari kabar anaknya yang dinikahi seorang Kasun berusia 50 tahun. Sedangkan anaknya baru berusia 16 tahun atau berselisih 34 tahun. Pemilik akun tersebut adalah Hartini, perempuan kelahiran Ngawi yang kini menetap di Aceh. Unggahan tersebut mendapat banyak simpati dari warganet.



Simak Video "Kembali Ke Alam, Hidup Damai Bersam Rusa, Ngawi"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)