Cerita dr Rajiman Wedyodiningrat 'Dijemput' Kereta Api Saat Sakit

Sugeng Harianto - detikJatim
Kamis, 02 Jun 2022 06:35 WIB
Foto-foto dr Radjiman Wedyodiningrat Ketua BPUPKI di rumah tinggalnya di Ngawi
Foto dr Radjiman Wedyodiningrat di Museum Kediamannya di Ngawi. (Foto: Sugeng Harianto/detikJatim)
Ngawi -

Sebagai tokoh penting di balik penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara, dr Radjiman Wedyodiningrat mendapatkan privilege (keistimewaan) dari pemerintah. Terutama ketika tokoh nasional yang menghabiskan masa tuanya di sebuah dusun di Ngawi itu sedang sakit.

Tokoh pergerakan Boedi Oetomo sekaligus Ketua Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) itu menghabiskan masa tuanya di kediamannya yang ada di Dusun Paldaplang, Desa Kauman, Widodaren, Ngawi.

Pria yang gelar Pahlawan Nasionalnya ditetapkan pada 8 November 2013 lalu oleh Presiden SBY itu di masa-masa usia senjanya mendapatkan keistimewaan dari pemerintah.

Salah satunya dalam hal transportasi. Untuk melakukan perjalanan ke Ibu Kota Jakarta naik kereta api, dr Radjiman tidak perlu datang ke stasiun.

"Untuk dr Radjiman Wedyodiningrat yang hendak pergi ke Jakarta, naik kereta apinya cukup dari Desa Kauman. Jadi kereta apinya yang berhenti di Desa Kauman, beliau tidak perlu datang ke Stasiun Walikukun," kata Wakil Bupati Ngawi Dwi Riyanto Jatmiko kepada detikJatim, Rabu (1/6/2022).

Saat itu, kata wakil bupati yang akrab disapa Mas Antok, kondisi kesehatan Radjiman memang sudah menurun. Bahkan untuk menuju ke jalur kereta api di Desa Kauman Radjiman harus ditandu.

"Jadi karena kondisi fisik almarhum sudah sepuh maka untuk naik kereta itu lebih dulu ditandu warga," katanya. "Keistimewaan karena jasa beliau sangat bernilai dalam sejarah kemerdekaan Indonesia," katanya.

Sekadar informasi, dr Radjiman Wedyodiningrat lahir di Yogyakarta pada 21 April 1879 silam. Setelah pelbagai perannya bagi Indonesia hingga sempat menjadi Anggota DPR RI, ia menghabiskan masa tuanya di Ngawi dan wafat pada 20 September 1952.



Simak Video "Asal Usul Hari Lahir Pancasila yang Diperingati Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)