Rumah Warga Kota Malang Terbakar Gegara Kemenyan

Muhammad Aminudin - detikJatim
Senin, 30 Mei 2022 14:50 WIB
kebakaran di malang
Rumah yang terbakar akibat kemenyan (Foto: Muhammad Aminudin)
Kota Malang -

Kebakaran melanda sebuah rumah di Jalan Kolonel Sugiono Gang 2, Kelurahan Ciptomulyo, Sukun, Kota Malang. Kebakaran diduga disebabkan kebiasaan pemilik rumah membakar kemenyan.

Menurut keterangan warga, api mulai terlihat di rumah milik Poniman (80), pada Senin (30/5/2022), sekitar pukul 11.30 WIB. Api dengan cepat membakar rumah berlantai dua tersebut.

Saat kebakaran terjadi, rumah dalam keadaan kosong. Karena pemilik rumah tengah berjualan di pasar. Warga yang mengetahui adanya kebakaran berusaha memadamkan api dan melaporkan kejadian itu ke polisi dan PMK Kota Malang.

"Rumah itu kosong. Awalnya terlihat api di lantai dua. Dan kemudian cepat membesar," ujar salah satu warga Sumiati (54) kepada wartawan di lokasi, Senin siang.

Untuk bisa memadamkan api, warga sempat mencoba menerobos masuk ke dalam rumah. Karena lokasi kebakaran berada di pemukiman padat penduduk.

Satu warga bernama Yanuar (19), terpaksa dilarikan ke rumah sakit terdekat karena mengalami luka akibat bagian kepalanya tertimpa kaca saat membantu proses pemadaman.

kebakaran di malangRumah yang terbakar akibat kemenyan (Foto: Muhammad Aminudin)

Beruntung kebakaran tak sampai merembet ke rumah warga lain. Setelah datangnya enam unit mobil PMK Kota Malang ke lokasi, kebakaran berhasil memadamkan api.

"Untungnya petugas PMK segera datang dan cepat memadamkan api," kata Ketua RT02/RW03 Kelurahan Ciptomulyo, Muji Raharjo.

Menurut Muji, kebakaran diduga akibat kebiasaan pemilik rumah membakar kemenyan di rumahnya. Dan kemudian meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

"Pemilik rumah punya kebiasaan bakar kemenyan. Sebelumnya sudah beberapa kali diingatkan, tapi tetap saja dilakukan," tuturnya.

Dugaan karena abu dari bekas bakaran menyan inilah, yang membuat bara api menyala dan percikannya mengenai benda mudah terbakar.

Kemudian terciptalah api yang terus merambat, hingga membakar seisi bangunan di lantai 2 yang berukuran 5 x 7 meter itu.

Sementara Komandan Regu 2 PMK Kota Malang, Anang Yuwono mengungkapkan, sumber api diduga dari api bekas pembakaran (kemenyan), dan kemudian membakar barang-barang bekas yang ada di rumah tersebut.

"Kami sempat kesulitan karena akses jalan yang sempit, kemudian api juga membakar kasur yang membuat api sulit dipadamkan," ungkap Anang.

Setidaknya enam unit mobil PMK Kota Malang dikerahkan untuk mengatasi kebakaran itu. Kurang lebih selama 45 menit lamanya api baru dijinakkan oleh petugas PMK berjumlah 20 personel itu.

Dengan mengerahkan sebanyak enam unit truk pemadam dan 20 personel, api berhasil dijinakkan kurang lebih selama 45 menit. Akibat kejadian tersebut lantai dua rumah Poniman selebar 5×6 meter persegi hangus dilahap api.

"Untungnya penanganan bisa cepat, sehingga tak merembet ke bangunan lainnya," pungkas Anang.



Simak Video "Menikmati Sandwich Lezat di Kota Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)