Detik-detik 2 Perguruan Silat Madiun Saling Lempar Batu Bikin Warga Panik

Sugeng Harianto - detikJatim
Senin, 23 Mei 2022 12:37 WIB
viral perguruan silat lempar batu
Video aksi lempar batu perguruan silat di madiun. (Foto: Tangkapan layar)
Madiun -

Gesekan pesilat kubu Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dengan Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW) pecah di Kota Madiun, Minggu (22/5/2022). Aksi yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB ini membuat pedagang kaki lima panik berlarian menyelamatkan diri.

Salah satu pedagang buah di depan tugu lambang PSHW, Jalan Candi Sewu, Kota Madiun, Wijatmoko menceritakan detik-detik peristiwa ini terjadi. Saat kejadian, istrinya berlari mencari tempat aman.

"Panik saat kejadian, istri saya kebetulan yang juga lari mengamankan diri masuk kantor Denpal di sebelah itu," ujar Wijatmoko kepada detikJatim, Senin (23/5/2022).

Saat kejadian, Moko sapaan akrabnya mengaku ingin menyusul istrinya berjualan. Namun, saat tahu ada massa pesilat PSHT, ia pun mengurungkan niatnya.

"Saya mau ke sini kemarin baru sampai sekitar kelurahan, saya balik karena ramai lempar batu," kata Moko

Hal senada juga disampaikan Beno (51), pemilik warung di samping gapura Kelurahan Madiun Lor. Saat itu, dirinya baru pulang menutup warung bersama istrinya.

"Saya sudah tutup kemarin. Tapi kejadiannya, saya tahu massa PSHT sampai masuk ke kampung Jalan Candu Sewu sekitar 50 meter. Semua panik," ungkap Beno.

Akibat aksi lempar batu massa PSHT tersebut, atap warung Beno pecah. Bahkan batu masih tertinggal di jaring yang ada di atap warungnya. "Itu batunya masih dan lubang atapnya," tambah Beno sambil menunjuk batu yang tertinggal.

Sebelumnya, gesekan antara pesilat terjadi di Kota Madiun Minggu (22/5) sore. Aksi ini terekam kamera handphone dan viral di aplikasi percakapan. Ada dua potongan dua video beredar berdurasi 10 detik dan 26 detik. Dalam kedua video, tampak massa berpakaian hitam-hitam berlarian.

Tak hanya itu, kedua massa juga saling mengumpat dan melempar batu. Belum diketahui apakah ada korban dalam insiden tersebut.

Pantauan detikJatim, di lokasi insiden tampak beberapa batu masih berserakan di pinggir jalan Candi Sewu. Di lokasi insiden lempar batu terdapat tugu lambang pesilat PSHW di samping gapura masuk kelurahan Madiun Lor.

Diketahui, aksi onar dua perguruan pesilat PSHT dengan PSHW ini sudah terjadi dua kali dalam seminggu. Pertama yakni Minggu (15/5) dan kemarin (22/5). Pemicunya, hanya saling ejek dan bleyer knalpot kendaraan sepeda motor. Bahkan, aksi lempar batu yang terjadi pada pekan lalu mengakibatkan satu rumah warga terkena lemparan.

Belum diketahui apakah ada korban atau tidak dalam insiden ini. Sedangkan lokasi kejadian tepat di simpang tiga Jalan Candi Sewu atau depan pabrik kereta PT. INKA Jalan Yos Sudarso.



Simak Video "Melihat Keseruan Balap Perahu Nelayan di Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)