Sepekan Ada 2 Gesekan Pesilat di Madiun-Ini Alasan Polisi Belum Periksa Saksi

Sugeng Harianto - detikJatim
Senin, 23 Mei 2022 11:43 WIB
Bentrok pesilat di Kota Madiun
Bentrokan PHST dan PSHW di Kota Madiun/Foto: Tangkapan layar
Kota Madiun -

Dalam sepekan, terjadi dua insiden gesekan antara kubu perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dengan Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW) di Kota Madiun. Namun, hingga saat ini polisi belum memeriksa seorang pun saksi.

"Sampai saat ini belum ada yang kami mintai keterangan atas dua kejadian Minggu lalu dan kemarin," ujar Kasat Reskrim Polres Madiun kota AKP Tatar Hernawan saat dikonfirmasi detikJatim, Senin (23/5/2022).

Belum adanya pemeriksaan para pesilat yang terlibat aksi lempar batu ini karena hingga saat ini belum ada laporan resmi dari masyarakat yang menjadi korban. Untuk melakukan pemeriksaan saksi, lanjut Tatar, harus ada laporan resmi ke polisi.

"Kalau tidak ada korban tidak bisa memeriksa. Kalau ada yang merasa jadi korban silakan laporkan baru kami tindak lanjuti. Karena belum ada laporan masyarakat yang jadi korban, kami ndak melakukan pemeriksaan," imbuhnya.

Tatar menambahkan, pascainsiden lempar batu oleh dua perguruan silat, hingga kini belum ada laporan korban terdampak.

"Sampai saat ini belum ada laporan dari korban. Jadi kami intinya dari polisi kemarin memecah agar tidak lebih parah gesekan," tandasnya.

Sebelumnya, gesekan antara pesilat terjadi di Kota Madiun, Minggu (22/5) sore. Aksi ini terekam kamera handphone dan viral di aplikasi percakapan.

Ada dua potongan dua video beredar berdurasi 10 detik dan 26 detik. Dalam kedua video, tampak massa berpakaian hitam-hitam berlarian. Tak hanya itu, kedua massa juga saling mengumpat dan melempar batu. Belum diketahui apakah ada korban dalam insiden tersebut.

Diketahui, aksi onar dua perguruan pesilat PSHT dengan PSHW ini sudah terjadi dua kali dalam seminggu. Pertama yakni Minggu (15/5) dan kemarin (22/5). Pemicunya, hanya saling ejek dan bleyer knalpot kendaraan sepeda motor. Bahkan, aksi lempar batu yang terjadi pada pekan lalu mengakibatkan satu rumah warga terkena lemparan.



Simak Video "Memancing Ikan Lele di Kolam Limbah, Madiun"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)