Ini Rangkaian Kegiatan Menjelang Semarak Hari Jadi ke-729 Kota Pahlawan

Praditya Fauzi Rahman - detikJatim
Minggu, 22 Mei 2022 02:01 WIB
Parade Budaya dan Bunga dalam rangka Hari Jadi ke 724 Kota Surabaya digelar, Minggu (7/5/2017). Start dari Tugu Pahlawan dan berakhir di Taman Bungkul.
Ilustrasi perayaan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) sebelum Pandemi COVID-19. (Foto: detikcom)
Surabaya -

Menjelang perayaan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) yang ke-729 tahun ada sejumlah kegiatan yang akan digelar oleh Pemerintah Kota Surabaya. Mulai dari perlombaan, pameran, hingga festival atau parade.

Pada Sabtu (21/5/2022) pagi, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi membuka ajang kejuaraan sepeda di halaman Mapolda Jatim. Ada sekitar 1.000 peserta dari 135 kota dan 30 provinsi di Indonesia yang akan mengikuti ajang tersebut.

Selain untuk meningkatkan kegemaran dalam olahraga sepeda di Kota Surabaya, Eri mengatakan, ia berencana untuk menggelar kegiatan serupa sebagai agenda rutin. Artinya kegiatan serupa akan digelar dalam perayaan HJKS setiap tahun.

"Insyaallah, kegiatan ini akan menjadi bagian dari HJKS setiap tahun, akan digelar sebagai agenda tahunan," kata Eri dalam keterangannya.

Selain lomba sepeda, ada pula perhelatan pameran UMKM yang digelar bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Surabaya di Gedung Balai Pemuda Surabaya.

Di sana, akan ada sejumlah seniman, artis, dan para pejabat serta OPD Pemkot Surabaya serta Pemprov Jatim yang turut dihadirkan. Mulai Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Kirun, Cak Kartolo, juga musisi dan para tokoh seperti Erix Soekamti, Bayu Skak, Dokter Tirta, hingga Tretan Muslim.

Eri mengatakan, kegiatan itu juga bertujuan untuk memberikan dampak kepada UMKM di kota pahlawan. Ia berharap, ada investor dari seluruh Indonesia yang bakal memberikan pendanaan kepada para UMKM Surabaya.

Rangkaian acara jelang HJKS ke-729 tahunSurabaa Business Forum sebagai rangkaian acara jelang HJKS ke-729 tahun. (Foto: Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)

Tidak hanya itu, ia juga berharap UMKM mendapatkan materi pelatihan atau workshop misalnya dari segi pemasaran digital, produktivitas kerja, hingga kiat-kiat khusus untuk mengembangkan bisnis UMKM bisa benar-benar bermanfaat.

Kepala Bidang Operasional DKP Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, semua dinas akan terlibat dalam rangkaian acara itu. Terutama dalam mempersiapkan kebersihan, lokasi, dan lain sebagainya. Begitu pula sejumlah kejuaraan yang akan dihelat seperti futsal, dayung, hingga basket.

Demikian halnya untuk urusan hiasan kota. Ia mengatakan Pemkot Surabaya juga sudah membuat dekorasi. Terutama untuk menghias sejumlah ruas jalan protokol yang ada di kota pahlawan.

"Lampu-lampu dan lain sebagainya, termasuk sungai juga, jadi UMKM mau dihidupkan, rencana ada pedagang-pedagang, seperti wisata sungai rover market di Thailand," ujarnya.

Hebi memastikan, pelbagai persiapan yang dilakukan itu bakal dikebut dalam waktu dekat. Terlebih, pada ruas jalan Kia-Kia atau Kembang Jepun.

"Untuk dekor lampu dan hiasan lain, karena kan untuk besok malam. Sekarang, kita sedang menghias Kembang Jepun, karena untuk besok malam, lalu untuk Surabaya Vaganza dan pawai bunga di Tunjungan juga sedang dikebut, di semua jalur protokoler, termasuk persiapan pertandingan di GBT jelang laga PSIS VS Persebaya besok," tuturnya.



Simak Video "Menikmati Suasana Romantis di Wisata Air Kalimas Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)