Kasus COVID-19 di Jatim Sudah Landai, RS Lapangan Masih Beroperasi?

Kasus COVID-19 di Jatim Sudah Landai, RS Lapangan Masih Beroperasi?

Faiq Azmi - detikJatim
Jumat, 20 Mei 2022 23:24 WIB
Pekerja menurunkan ranjang pasien sebelum dipindahkan di Rumah Sakit Lapangan Kogabwilhan II Indrapura, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (19/4/2022). Rumah sakit darurat untuk penanganan COVID-19 yang telah beroperasi selama 22 bulan dan merawat sebanyak 10.565 pesien dengan tingkat kesembuhan hampir 100 persen tersebut resmi ditutup sejak Senin (18/4) seiring melandainya kasus COVID-19 di Jawa Timur. ANTARA FOTO/Moch Asim/nym.
Rumah Sakit Lapangan Surabaya ditutup. (Foto: ANTARA FOTO/MOCH ASIM)
Surabaya -

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebut, kasus COVID-19 di Jatim melandai. Di tengah situasi itu apakah rumah sakit lapangan khusus pasien COVID-19 di Jatim masih beroperasi?

Ada 4 rumah sakit lapangan yang didirikan Pemprov di Jatim. Yakni di Surabaya, Bangkalan, Malang, dan Madiun. Di Surabaya, RS Lapangan Indrapura telah tutup pada awal April 2022 lalu.

"Sebenarnya sudah tidak ada pasien di rumah sakit lapangan baik di Bangkalan, Malang, dan Madiun. Namun, masih tetap standby saja," kata dr Makhyan Jibril, Jubir Satgas COVID-19 Jatim, Jumat (20/5/2022).

Jibril mengatakan, sesuai SK Gubernur Jatim, rumah sakit lapangan di Bangkalan, Malang, dan Madiun masih disiagakan. Sementara di Kota Surabaya telah ditutup.

"Tetap standby, sewaktu-waktu kalau ada pasien COVID-19 yang mau dirawat ya tetap siaga bisa menerima pasien. Untuk wilayah Surabaya, Gresik, Sidoarjo bisa ke rumah sakit Bangkalan. Begitu juga pasien dari sekitar Malang, bisa ke RS Lapangan Malang," bebernya.

Saat ini, kata Jibril, kasus aktif COVID-19 di Jatim tersisa 156 orang. Menurut Jibril, penambahan kasus COVID-19 di Jatim relatif melandai dan stagnan.

"Angkanya di bawah 40 kasus sehari, bahkan sempat hanya 8 kasus dalam sehari," katanya.

Pada Jumat (20/5) ini, ada 25 kasus COVID-19 baru di Jatim. Sementara, ada 26 pasien COVID-19 yang sembuh di Jatim. Kabar baiknya, tidak ada pasien COVID-19 yang meninggal di Jatim, hari ini.

Sementara, Perwakilan Relawan RS Lapangan Bangkalan Radian Jadid memastkkan, pihaknya masih menerima pasien COVID-19 sewaktu-waktu apabila ada yang datang untuk dirawat.

"Cukup membawa hasil antigen positif, kami akan tetap merawat pasien COVID-19. Kami tetap standby," tandasnya.



Simak Video "WHO Minta China Kirim Data Pelaporan Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)