Pemerintah Bolehkan Lepas Masker, Ini Kata Satgas COVID-19 Surabaya

Esti Widiyana - detikJatim
Kamis, 19 Mei 2022 00:03 WIB
Plt Kepala BPBD Surabaya, Ridwan Mubarun
Satgas COVID-19 Surabaya Ridwan Mubarun (Foto: Esti Widiyana/detikJatim)
Surabaya -

Presiden Jokowi memperbolehkan masyarakat melepas masker di ruang terbuka. Satgas COVID-19 Surabaya pun menyambut baik hal tersebut. Namun meminta lansia untuk tetap waspada, karena lebih rentan.

"Kita akan ikut dengan aturan pusat. Artinya kalau sudah di luar, dilonggarkan tidak pakai masker. Yang di dalam ruangan saja masih diharuskan pakai masker seperti Singapura dan Malaysia," kata Wakil Sekretaris Satgas COVID-19 Surabaya Ridwan Mubarun kepada detikJatim, Rabu (18/5/2022).

"Tapi kalau kondisi pada kita akan melihat dulu, misalnya ada lansia kita mengharapkan untuk tetap menggunakan masker," tambahnya.

Ia juga tidak melarang masyarakat euforia bebas masker. Merskipun berkumpul tanpa mengenakan masker di ruang terbuka.

"Kan ndak papa, dilarang? Biarkan normal hidup ini," ujarnya.

Pasca Lebaran pun kondisi COVID-19 di Surabaya membaik dan melandai. Tidak ada kenaikan signifikan. Artinya kondisi sudah bagus dan kekebalan tubuh masyarakat sudah terbentuk dengan baik.

Meski begitu, ia tetap mengimbau masyarakat untuk waspada. Seperti kepada para lansia."Kekebalan tubuh masyarakat di Jawa sudah bagus, Indonesia sudah bagus. Pasca Lebaran tidak ada lagi kasus meningkat," ujarnya.

"Kumpul-kumpul ya gpp. Tetap kita mengimbau kepada masyarakat. Lansia tetap waspada. Sekarang yang diwaspadai adalah lansia, jangan sampai ikut-ikutan, tetap pakai masker," jelasnya.



Simak Video "Menkes Sebut Indonesia Berpeluang Bebas Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)