Waspada Gelombang Rossby, Sejumlah Daerah di Jatim Berpotensi Cuaca Ekstrem

Faiq Azmi - detikJatim
Jumat, 20 Mei 2022 15:20 WIB
Surabaya Siang Ini Diprakirakan Gerimis dan Beberapa Daerah Hujan
Ilustrasi hujan (Foto: Esti Widiyana/detikJatim)
Surabaya -

Sejumlah wilayah di Jawa Timur berpotensi turun hujan lebat disertai angin kencang dan petir. Hal ini salah satunya disebabkan oleh gelombang Rossby.

"Dalam beberapa hari terakhir, aktifnya gelombang Rossby menyebabkan suplai massa uap air yang semakin banyak di atmosfer. Kondisi ini yang sangat memengaruhi pembentukan awan-awan hujan dan berpotensi terjadi cuaca ekstrem," kata Kepala BMKG Klas I Juanda Taufiq Hermawan dalam keterangan tertulis yang diterima detikJatim, Jumat (20/5/2022).

Taufiq mengatakan, pada Mei 2022, sebagian besar wilayah Jawa Timur sebenarnya sudah memasuki musim kemarau. Tetapi, sebagian kecil wilayah masih memasuki peralihan atau pancaroba.

Sementara untuk 5 hari ke depan, di wilayah Jawa Timur diperkirakan akan turun hujan dengan intensitas ringan sampai lebat yang disertai petir dan angin kencang sesaat.

"Selain gelombang Rossby, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh suhu muka laut yang masih cukup hangat di perairan Jawa Timur, selain itu karena masih adanya dampak La Nina lemah," jelasnya.

Di kesempatan ini, BMKG Klas I Juanda juga mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem dalam 3 hingga 5 hari ke depan. Seperti di Surabaya, Sidoarjo, Nganjuk, Pasuruan, Malang, Pamekasan, Sampang, Kediri, Blitar, Jombang, Gresik, Kota Mojokerto, Probolinggo, Trenggalek, Lamongan, Tuban, Bojonegoro. Di wilayah ini, kategori banjir masuk level waspada.



Simak Video "Waduh! Kendaraan Terjebak di Pelabuhan Gilimanuk Sampai 12 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)