Petaka 2 Truk Trailer Rem Blong Hantam Bangunan di Pasuruan dan Gresik

Tim detikJatim - detikJatim
Kamis, 19 Mei 2022 10:39 WIB
kecelakaan di pasuruan
Truk terguling di Jalan Raya Bromo Pasuruan (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Dua truk trailer kehilangan kendali dan menyebabkan kecelakaan di Gresik dan Pasuruan, kemarin Rabu (18/5/2022). Dua petaka itu memiliki kesamaan, sama-sama disebabkan karena rem truk trailer blong. Pertanyaan besar muncul, bagaimana pengawasan kelaikan jalan kendaraan besar?

Kejadian pertama yakni sebuah truk trailer ngeblong menghantam mobil Ertiga di Pertigaan Bungah, Gresik. Peristiwa itu menyebabkan sebuah bangunan rusak dan sejumlah kabel di lokasi putus.

Selain itu, seorang pengemudi Ertiga tewas tergencet dan sopir truk trailer mengalami luka-luka. Korban meninggal akibat kecelakaan itu dibawa ke RS Ibnu Sina, sedangkan sopir dirawat di puskesmas terdekat.

"Korbannya satu meninggal dunia. Satunya luka-luka. Korban meninggal yang Ertiga," kata Kasatlantas Polres Gresik AKP Engkos Sarkozy kepada detikJatim, Rabu (18/5/2022).

Berdasarkan foto yang dikirimkan oleh Sarkozy, mobil Ertiga yang diseruduk truk trailer itu kondisinya mengenaskan. Mobil warna merah itu ringsek tak berbentuk. Dalam foto tersebut juga terlihat korban jiwa masih terjebak di mobil itu.

truk seruduk mobil dan toko di bungah gresikTruk seruduk mobil dan toko di Gresik Foto: Istimewa (Dok Polres Gresik)

Peristiwa kedua adalah sebuah truk kehilangan kendali di Jalan Raya Bromo, Pasrepan, Kabupaten Pasuruan. Truk tersebut menabrak rumah, bangunan, dan sejumlah kendaraan di dekat lokasi kejadian. Selain itu, truk juga terguling usai menabrak.

Dari informasi yang dihimpun detikJatim, truk bermuatan pasir itu awalnya melaju dari arah Bromo ke arah Pasrepan pukul 10.00 WIB. Sesampainya di lokasi, truk hilang kendali dan menghantam pohon asam di sisi kiri jalan.

Setelah menghantam pohon asam, truk oleng ke kanan dan menyasak rumah-rumah dan kendaraan.

"Truk dari arah atas, ngeblong banting ke kiri. Bak truk menabrak ke pohon asam lalu truk oleng kanan menabrak rumah-rumah dan warung," kata Ulum, salah satu warga yang berada di lokasi, Rabu (18/5/2022).

Akibat kejadian ini, sementara diketahui 9 rumah, 3 warung, 3 mobil dan 2 motor rusak akibat disasak truk. Selain itu, ada 1 orang luka berat dan 3 orang luka ringan.

"Dua rumah dan dua warung rusak berat. Kendaraan taft, truk, dan fortuner juga rusak berat," katanya.

Truk tersebut dalam kondisi melintang di jalan raya usai menabrak sejumlah bangunan dan kendaraan. Dugaan sementara, truk tersebut mengalami rem blong.

"Truk diduga rem blong," kata Kasat Lantas Polres Pasuruan AKP Yudhi Anugerah Putra, kepada detikJatim, Rabu (18/5/2022).

Dua kecelakaan itu harus menjadi pelajaran, terutama bagi Dishub. Menjadi catatan penting soal uji kelaikan kendaraan-kendaraan angkut, terutama yang usianya sudah tua.

Sayangnya, hingga sekarang belum ada statement dari Dishub Jatim. detikJatim, sudah menghubungi beberapa pejabat di Dishub Jatim, namun belum ada tanggapan.



Simak Video "Terungkap! Klakson Telolet Salah Satu Penyebab Kecelakaan Truk Balikpapan"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)