Pemkot Mojokerto-Baznas Sinergi Bantu Rumah Warga Korban Kebakaran

Hanifa Widyas - detikJatim
Selasa, 17 Mei 2022 15:16 WIB
Pemkot Mojokerto hingga Baznas Sinergi Bantu Korban Kebakaran
Foto: Dok. Pemkot Mojokerto
Jakarta -

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kota Mojokerto, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) serta Forum Komunikasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Forkom TSP) Kota Mojokerto bersinergi membantu korban bencana kebakaran sesuai dengan arahan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Kepala Dinsos P3A Choirul Anwar menyebut arahan Wali Kota Ika Puspitasari tersebut yakni untuk renovasi rumah warga. Pihaknya berkolaborasi dengan Baznas dan CSR diminta mempersiapkan perlengkapan untuk renovasi rumah warga tersebut.

"Untuk bantuan material renovasi rumah diberikan oleh Baznas dan CSR, kemudian yang dari dinsos itu berupa homeware kit. Sedangkan jenis perlengkapan rumah yang diberikan akan sesuaikan dengan usulan dari lurah kepada wali kota," jelas Anwar dalam keterangan tertulis Selasa, (17/05/2022).

Ketua Baznas Dwi Hariadi menambahkan pihaknya bersama Forkom TSP fokus memberikan bantuan material untuk merenovasi rumah terdampak kebakaran tersebut. "Di antaranya untuk kebutuhan atap rumah dan tembok yang perlu dibangun akan diperbaiki lagi sesuai awal dan mungkin akan lebih baik," jelas Ketua Baznas Dwi Hariadi.

Perwakilan Forkom TSP Erwin berharap fungsi rumah tersebut dapat segera dikembalikan dengan gerak cepat sesuai arahan wali kota bisa dan memberikan rasa nyaman bagi warganya.

Adapun salah satu warga korban kebakaran yang menerima bantuan ini adalah Siswoyo. Pada Jumat (13/5) lalu, rumahnya yang terletak di Lingkungan Ketidur, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon dikunjungi oleh Kepala DinsosP3A Choirul Anwar bersama Ketua Baznas Dwi Hariadi serta perwakilan dari Forkom TSP.

Tidak hanya bantuan yang datang dari Pemkot melalui DinsosP3A, Baznas dan Forkom TSP, para tetangga Siswoyo pun juga turut memberikan bantuan. Siswoyo berterima kasih kepada semua pihak atas bantuan yang diterimanya dalam menghadapi mudibah kebakaran ini.

"Saya mengucapkan terima kasih sekali terutama buat ibu wali kota dan seluruh jajarannya terutama dari Baznas, Dinas Sosial, dan dari CSR serta seluruh warga masyarakat yang telah membantu kami. Pas kebakaran aja bu wali langsung sidak kesini terus esoknya harinya bantuan terus mengalir dari semua juga atas upaya bu wali," ujar Siswoyo.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyampaikan bantuan yang diberikan tersebut memang berupa barang bukan uang tunai. "Kami memberikan bantuan material bukan berupa uang tunai, begitu juga bantuan homeware kit-nya akan diberikan berupa barang," jelasnya.

Ia berharap dengan langkah cepat dari DinsosP3A, Baznas dan Forkom TSP, Siswoyo dan keluarganya bisa segera mempunyai rumah yang layak untuk ditempati.

(akd/ega)