Jumlah Korban Keracunan Versi Dinkes Jombang: 35 Rawat Jalan, 14 Opname

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Sabtu, 14 Mei 2022 19:59 WIB
Puluhan warga Dusun Garu, Desa Podoroto, Kecamatan Kesamben keracunan. Dinkes Jombang menyebut, jumlah korban rawat jalan 35 orang dan 14 opname atau rawat inap.
Petugas Dinkes Jombang di tempat yasinan warga/Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim
Jombang -

Puluhan warga Dusun Garu, Desa Podoroto, Kecamatan Kesamben keracunan. Dinkes Jombang menyebut, jumlah korban rawat jalan 35 orang dan 14 opname atau rawat inap.

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Jombang mengatakan, kondisi mereka sudah membaik. "Tiga di RSI Sakinah Mojokerto, serta satu di RSUD RA Basoeni Mojokerto. Posisi insyaallah sekarang sudah baikan ya," kata Haryo setelah mengecek lokasi asal nasi kotak yang dimakan para korban, Sabtu (14/5/2022).

Puluhan korban mengalami mual, muntah dan diare setelah menyantap nasi kotak dari acara tahil dan yasin di rumah Eka Puji Astutik alias Tutik (47), warga RT 14 RW 3 Dusun Garu pada Rabu (11/5) setelah magrib. Menurut Haryo, nasi kotak tersebut dimasak sendiri oleh tuan rumah.

"Makanan diolah sendiri di sini sekitar pukul 1 atau 2 (siang), pengemasannya setelah asar. Acara dimulai setelah magrib. Nasi kotak dibagikan ke peserta dan tetangga untuk dibawa pulang," jelasnya.

Selain menggali keterangan dari Eka, tim dari Dinkes Jombang juga mengambil sejumlah sampel untuk diteliti di laboratorium. Sebelumnya, Polsek Kesamben juga menyita 2 telur mentah dan sampel muntahan korban untuk diteliti di laboratorium Dinkes Jombang.

"Awalnya Hari Rabu, 11 Mei setelah magrib rutinan yasinan di rumah Eka. Dihidangi nasi putih, mi bihun, tahu goreng dan telur bumbu bali. Kemudian keesokan harinya Kamis siang ada beberapa orang yang mual, muntah, ada sebagian yang sudah diare. Kemudian dilarikan ke rumah sakit," pungkasnya.



Simak Video "Heboh Warga Tandu Jenazah Lewat Jalan Berlumpur di Jombang"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)