Ngeri! Ular Sanca Kelaparan 'Nyasar' ke Rumah Warga Probolinggo

M Rofiq - detikJatim
Jumat, 13 Mei 2022 12:35 WIB
Ular Sanca Kembang betina 1,5 meter seberat 3 kilogram yang kelaparan berhasil diamankan dari rumah warga.
Ular Sanca Kembang 1,5 meter seberat 3 kg yang diduga kelaparan berhasil ditangkap. (Foto: M Rofiq/detikJatim)
Probolinggo -

Ular Sanca Kembang menghantui satu keluarga di Desa Pajurangan, Kecamatan Gending, Probolinggo. Ular 'nyasar' yang bersembunyi di dalam rumah itu diduga kelaparan.

Hewan melata itu bersarang di pipa bekas pembuangan air di dapur rumah Didik Siswanto (67) warga Dusun Sekolahan, Desa Pajurangan dan sempat menampakkan diri.

Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran Probolinggo butuh waktu 2 jam untuk mengevakuasi ular itu. Petugas harus membongkar lantai dan pipa tempat persembunyiannya.

"Kesulitannya, kami harus membongkar lantai. Ular ini diduga dari Sungai Pajurangan yang terbawa arus lalu masuk ke pipa. Mungkin mengejar tikus," ujar salah satu petugas Damkar Probolinggo Ali Mahrus, Jumat (13/5/2022).

Ketika hendak ditangkap, Ular Sanca Kembang betina itu sangat agresif. Petugas menduga ular itu sedang kelaparan dan sedang bertelur. Sehingga saat proses evakuasi itu salah satu petugas didigit.

Setelah berhasil membongkar lantai, pipa tempat ular itu bersembunyi dikeluarkan dari dapur itu. Petugas pun berhasil menangkap ular itu. Saat itulah ular yang kelaparan itu menyerang.

"Ular betina ini kelaparan dan bertelur. Sehingga sangat agresif dan sempat menggigit tangan petugas hingga terluka" kata Ali ketika ditemui detikJatim di lokasi evakuasi.

Ular Sanca Kembang betina 1,5 meter seberat 3 kilogram yang kelaparan berhasil diamankan dari rumah warga.Ular Sanca Kembang betina 1,5 meter seberat 3 kilogram yang kelaparan berhasil diamankan dari rumah warga. Foto: M Rofiq/detikJatim

Saking agresifnya Ular Sanca Kembang betina itu, tangan petugas yang hendak memasukkannya ke dalam karung digigit. Taring ular yang lapar itu pun meninggalkan bekas luka.

Petugas Damkar menyebutkan, Ular Sanca Kembang betina yang bersarang di rumah warga itu berukuran panjang sekitar 1,5 meter dengan berat tubuh kurang lebih 3 kilogram.

Anak pemilik rumah Alfa Yulianata (31) mengatakan, ular Sanca itu sempat menampakkan diri 2 bulan lalu. Kakaknya yang mengetahui ular itu muncul di tempat mencuci baju dan segera meminta tolong.

Ular Sanca Kembang betina 1,5 meter seberat 3 kilogram yang kelaparan berhasil diamankan dari rumah warga.Ular Sanca Kembang betina 1,5 meter seberat 3 kilogram yang kelaparan berhasil diamankan dari rumah warga. Foto: M Rofiq/detikJatim

Warga setempat sempat hendak menangkap ular itu tapi keburu kabur. Hari ini ketika Alfa sedang merekam video di rumahnya, ular itu tiba-tiba saja muncul. Ia pun segera melapor ke Damkar.

"Waktu saya ambil video pakai kamera HP, di sela-sela pipa bekas yang ambruk ular itu muncul. Saya akhirnya memanggil petugas Damkar dan Alhamdulillah ularnya berhasil ditangkap," kata Alfa.

Petugas Animal Rescue Pemadam Kebakaran Probolinggo menghimbau warga agar melapor bila melihat hewan yang berbahaya seperti ular dan tidak berupaya menangkapnya sendiri.



Simak Video "Ngeri! Ular Sanca 3 Meter Ngumpet di Plafon Rumah Warga di Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)