Wabup Sugirah Cek Puskesmas dan Pos Pengamanan Lebaran Banyuwangi

Ardian Fanani - detikJatim
Minggu, 01 Mei 2022 05:30 WIB
Wabup Banyuwangi Sugirah cek pospam lebaran 2022
Wabup Banyuwangi Sugirah cek pospam lebaran 2022. (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Wakil Bupati (Wabup) Banyuwangi Sugirah keliling ke sejumlah puskesmas dan pos pengamanan (pos pam) untuk memastikan kesiapan petugas hingga kelengkapan fasilitas arus mudik-balik Lebaran 2022. Sugirah mengunjungi pos pelayanan kesehatan yang ada di stasiun Kalisetail dan Glenmore, pospam di Kalibaru, serta puskesmas Kalibaru Kulon.

"Alhamdulillah semua titik terpantau siap. Tenaga kesehatan dan fasilitasnya juga lengkap. Tadi kami juga ingatkan kalau seluruh pos pengamanan harus tetap siaga 24 jam selama arus mudik dan balik," ujar Sugirah kepada wartawan, Sabtu (30/4/2022)

Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat menjelaskan, selama libur lebaran, Banyuwangi tetap menyiagakan 25 puskesmas dan 19 pos pam yang tersebar di berbagai wilayah.

Antara lain Pos Pam Wongsorejo, Pos Yan Pelabuhan ASDP Ketapang, Pos Pam Licin, Pos Pam Kalibaru, Pos Yan Stasiun Ketapang, Pos Pam Kota, Pos Pam Rogojampi, Pos Pam Cluring, Pos Pam Gambiran, Pos Pam Genteng, Pos Yan GWD, Pos Yan Bandara, Pos Yan Glagah, Pos Yan Songgon, Pos Yan Sempu, Pos Yan Glenmore, Pos Yan Purwoharjo dan Pos Yan Pulau Merah.

Selain memberikan layanan kesehatan, 25 puskesmas juga melayani vaksinasi covid-19 bagi warga. "Layanan vaksinasi di puskesmas dibuka pukul 08.00-12.00," urai Amir.

Untuk kepentingan layanan kesehatan selama arus mudik, pemkab menugaskan tim kesehatan di masing-masing pospam yang akan bertugas dalam tiga sif per hari. Para petugas tersebut adalah gabungan dari puskesmas, rumah sakit, serta klinik se-Banyuwangi.

"Per sif terdiri atas 1 dokter dan 2 perawat. Kecuali di wilayah yang mobilitasnya tinggi, minimal 5 petugas per sifnya. Ini berlaku mulai 27 April hingga 7 Mei mendatang," kata Amir.

Amir menambahkan, selain 25 puskesmas dan 19 pospam tersebut, seluruh rumah sakit pemerintah maupun swasta juga tetap buka selama libur lebaran. Demikian juga UGD di Puskesmas juga tetap buka 24 jam.



Simak Video "Kenapa Pemudik Pilih Menyebrang Merak-Bakauheni Pada Malam Hari?"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)