Yuk Belanja di Pasar Ramadan Sambil Nikmati Bangunan Bersejarah Kota Pasuruan

Muhajir Arifin - detikJatim
Rabu, 27 Apr 2022 14:08 WIB
pasar ramadan kota pasuruan
Pasar Ramadan Kota Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin)
Kota Pasuruan -

Pemkot Pasuruan membuka Pasar Ramadan di kawasan Taman Kota yang berada di Jalan Pahlawan. Di tempat ini, warga bisa berbelanja sekaligus berekreasi menikmati kawasan bangunan bersejarah peninggalan Belanda.

Pasar Ramadan telah dibuka mulai Rabu (20/4) hingga menjelang Lebaran. Warga bisa mendapatkan berbagai keperluan selama bulan puasa hingga untuk kebutuhan di hari Idul Fitri.

Puluhan pedagang menyediakan aneka kuliner, bahan pokok, pakaian hingga kerajinan produk UMKM lokal. Lokasi pasar juga mudah diakses dan harga barang terjangkau.

pasar ramadan kota pasuruanFoto: Muhajir Arifin

Selain berbelanja, warga juga bisa berekreasi bersama keluarga menikmati taman yang cantik dilengkapi arena permainan anak. Warga juga bisa jalan-jalan di Gedung Harmonie yang merupakan salah satu cagar budaya di Pasuruan.

"Pasar Ramadan ini untuk pertama kali diselenggarakan, tujuannya untuk mempermudah masyarakat mengakses kebutuhan yang diperlukan saat puasa dan menjelang Idul Fitri dengan harga terjangkau," kata Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Selasa (26/4/2022).

Selain itu, tujuan lain Pasar Ramadan untuk memotivasi dan mendampingi pelaku UMKM agar bangkit lagi setelah dua tahun masa pandemi. Pemkot, kata Gus Ipul, juga ingin mendorong pelaku UMKM meningkatkan kualitasnya.

"Pokoknya semua yang kita buat ini untuk supaya mereka bisa bangkit kembali. Lebih-lebih ada perhatian dari pemerintah untuk membeli produk lokal yang sudah terverifikasi lewat e-katalog, maka kita dorong UMKM ini punya izin agar bisa naik ke e-katalog. Kalau udah naik ke e-katalog pemerintah bisa belanja," terang Gus Ipul.

Menurut Gus Ipul, pemerintah pusat sudah mengalokasikan anggaran untuk membeli produk dalam negeri terutama produk UMKM. Pelaku UMKM harus meningkatkan kualitasnya.

"Untuk Jatim, dialokasikan Rp 26 triliun untuk belanja produk dalam negeri terutama UMKM. Nanti dibagi ke setiap kota dan kabupaten. Jatah itu untuk membeli produk-produk lokal. Maka sekarang kita memacu mereka untuk meningkatkan kualitas dan memilih izin. Kita bantu mereka punya izin," pungkas Gus Ipul.



Simak Video "Melihat Langgar Tinggi, Masjid Cagar Budaya di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)