Pantai Soge 'Cipratan Surga' yang Terhampar di Jalur Mudik Pansela

Pantai Soge 'Cipratan Surga' yang Terhampar di Jalur Mudik Pansela

Purwo Sumodiharjo - detikJatim
Rabu, 27 Apr 2022 20:00 WIB
Jalur Pasela Pacitan
Jalur Pasela Pacitan (Foto: Purwo Sumodiharjo/detikJatim)
Pacitan -

Jalur Pantai Selatan (Pansela) ini patut dicoba bagi para pemudik yang akan pulang kampung halaman ke Jawa Timur. Sebab, jalur alternatif di Kecamatan Ngadirejo, Pacitan ini menyuguhkan keindahan Pantai Soge yang terhampar di sepanjang jalan.

Pantai Soge bak cipratan surga yang turun ke bumi. Keindahannya akan meneduhkan mata. Terutama bagi pemudik yang melintasi selatan Jawa via Pacitan.

Dari jalur Pansela ke Kota Pacitan sendiri hanya membutuhkan sekitar 30 menit. Nah, dari usai melintasi tanjakan, serta jalanan berkelok di antara tebing dan hutan tropis, Anda akan tiba di sebuah tempat yang menakjubkan.

Melintasi Pansela, Anda akan disambut tebing di sebelah utara tampak seperti dinding kokoh memagari jalan beraspal mulus. Sementara pada bagian kanan sejauh mata memandang terlihat ombak bergulung dengan buih putih di permukaan. Itulah Pantai Soge yang merupakan sebagian dari bentang Samudera Indonesia.

Tak cukup, deretan pohon cemara tampak rindang di antara hamparan pasir. Ada pula barisan pohon kelapa yang juga berjejer. Di sebelah timur pantai, tampak sebuah jembatan besar dengan konstruksi lengkungan pipa besar.

Pantai Soge PacitanPantai Soge Pacitan. Foto: Purwo Sumodiharjo

Jembatan ini merupakan penghubung sungai besar yang airnya masih tampak jernih. Di sekitarnya tampak beberapa orang tengah asik memancing di pinggir sungai.

Soal fasilitas umum, pemudik tak perlu ragu. Di kawasan ini terdapat fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari tempat ibadah, Pos Pengamanan, hingga penginapan. Pengguna kendaraan pribadi juga tak perlu khawatir kehabisan BBM. Pasalnya, sebuah SPBU baru sudah siap beroperasi.

Pantai Soge PacitanPantai Soge Pacitan Foto: Pantai Soge Pacitan (Foto: Purwo Sumodiharjo/detikJatim)

Di sepanjang kawasan pantai juga cukup banyak warung makan. Aneka makanan dan minuman maupun jajanan tradisional tersedia. Jika ingin leluasa menikmati sentuhan alam khas pantai selatan, tersedia rest area. Lokasinya hanya beberapa puluh meter sebelum jembatan.

Kepala Bidang Sumber Daya Manusia dan Pemasaran, Disparpora Pacitan, Rahmad Adi Mandego mengatakan fasilitas ini memang sengaja dibangun untuk memberi kenyamanan pada para pemudik. Khususnya yang melintasi jalur Pansela.

"Apa yang harus disiapkan semua sudah. Protokol kesehatan kita siapkan, terus penunjang yang ada di destinasi, semua sudah kita siapkan," ujar Adi kepada detikJatim, Selasa (26/4/2022).

Pantai Soge sebenarnya hanya satu dari sederet obyek wisata di Pacitan yang dapat dinikmati pemudik saat melewati Jalan Lintas Selatan (JLS). Sebab masih ada sederet obyek wisata alam lain yang sayang dilewatkan saat mudik.

Sebut saja ada Pantai Pidakan dan Pantai Bakung. Ada pula Pantai Watu Bale yang menawarkan sensasi melewati titian menuju pulau karang.

Jalan Lingkar Selatan (JLS) ini sekaligus menjadi penghubung Kabupaten Pacitan dengan wilayah Kabupaten Trenggalek. Rute ini juga bisa menghubungkan para pemudik menuju ke kota-kota lain di Jatim.



Simak Video "H-2 Natal, Stasiun Pasar Senen Mulai Dipadati Penumpang"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/dte)