Salurkan Bansos untuk 5.319 Keluarga, Gus Ipul: Manfaatkan untuk Kebutuhan

Muhajir Arifin - detikJatim
Kamis, 14 Apr 2022 23:35 WIB
Gus Ipul menyerahkan bansos
Gus Ipul menyerahkan bansos (Foto: Dok. Pemkot Pasuruan)
Kota Pasuruan -

Pemkot Pasuruan menyalurkan bantuan sosial bagi 5.319 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuan sebesar Rp 800 ribu itu diharapkan mengurangi beban masyarakat yang terdampak pandemi.

Pemkot Pasuruan menganggarkan bantuan Rp 200 ribu per bulan untuk 5.319 keluarga penerima mulai bulan Januari hingga April 2022. Bantuan selama empat bulan itu disalurkan bersamaan pada bulan ini sehingga total Rp 800 ribu.

"Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat, lebih-lebih saat menjelang lebaran. Ini intinya adalah pemerintah memberikan bantuan itu untuk mengurangi beban lebih-lebih saat pandemi COVID-19," kata Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Kamis (14/4/2022).

Gus Ipul mengingatkan bahwa bantuan tersebut sementara atau tidak selamanya karena suatu saat akan dihentikan sesuai dengan perkembangan kondisi pandemi. Karena itu, ia meminta para penerima memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

"Para penerima jangan sampai terlena dan manfaatkanlah bantuan ini sebaik-baiknya untuk pemenuhan kebutuhan dasar. Sehingga mencukupi kebutuhan pokok," imbuhnya.

Pemkot Pasuruan pada dasarnya menginginkan pendapatan keluarga bisa meningkat setiap tahun. Namun ketika pendapatan keluarga penerima belum bisa meningkat, maka pemkot berusaha membantu mengurangi beban pengeluaran warga.

"Bagaimana caranya? Ya seperti membuat kebijakan sekolah gratis, membagikan seragam gratis, memberikan perlindungan kesehatan secara gratis melalui BPJS yang dibayar pemerintah, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar masyarakat sejahtera," jelasnya.

Kepala Dinas Sosial Hery Dwi Sujatmiko mengatakan bantuan bersumber dari APBD Pemkot Pasuruan 2022. Untuk tahap 1 terhitung mulai Januari sampai April.

"Bantuan dibagikan melalui kantor kelurahan masing-masing penerima," kata Hery.



Simak Video "Gus Ipul Sambut detikjatim: Semoga Bisa Wujudkan Jatim Moncer!"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)