RS Lapangan Indrapura Ditutup, ini Penjelasan Satgas COVID-19 Jatim

RS Lapangan Indrapura Ditutup, ini Penjelasan Satgas COVID-19 Jatim

Faiq Azmi - detikJatim
Rabu, 13 Apr 2022 03:41 WIB
RS Lapangan Indrapura
RS Lapangan Indrapura yang kini resmi ditutup. (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikJatim)
Surabaya -

Rumah Sakit LapanganKogabwilhan II Indrapura (RSLKI) Surabaya resmi ditutup. Penutupan ini seiring kasus COVID-19 di Jawa Timur yang kian landai, khususnya di Surabaya.

Jubir Satgas COVID-19 Jatim Dr Makhyan Jibril menjelaskan, turunnya kasus Corona di Jatim khususnya Surabaya Raya menjadi salah satu alasan RS darurat itu ditutup.

"Pertimbangan ini diambil karena seiring semakin menurun dan terkendalinya kasus COVID-19 berdasarkan indikator WHO, termasuk varian omicron yang kemungkinan segera berakhir," kata Jibril kepada detikJatim, Selasa (12/4/2022).

Selain turunnya kasus, pertimbangan efisiensi anggaran juga menjadi faktor ditutupnya rumah sakit yang didirikan mendadak pada Mei 2020 lalu itu.

Jibril menjelaskan, di lahan yang saat ini dugunakan sebagai RS Lapangan Indrapura, rencananya nanti akan dibangun oleh Kemenkes yakni rumah sakit pusat otak.

"Kebetulan di lahan RS Lapangan Indrapura, masa pinjam pakai tanah dan bangunan milik Kemenkes RI itu akan segera berakhir. Selain itu rencananya akan segera dibangun rumah sakit pusat otak, jantung dan kanker di sana," bebernya.

Jibril memastikan, Pemprov Jatim masih menyiagakan rumah sakit darurat lapangan (RSD) di Bangkalan. Nantinya, pasien COVID-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala yang berasal dari Surabaya Raya dan wilayah Jatim lainnya bisa dirawat di sana.

"Untuk RSDL Bangkalan saat ini masih beroperasi," imbuhnya.

Diketahui, kasus aktif COVID-19 di Jatim hingga Selasa (12/4) pukul 18.00 WIB tersisa sebanyak 678. Kasus aktif COVID-19 terbanyak berasal dari Kota Surabaya yakni 127.

Sementara pada Selasa (12/4) ini, kasus COVID-19 di Jatim bertambah 106. Pasien COVID-19 yang sembuh sebanyak 125. Ada 9 pasien COVID-19 di Jatim yang meninggal hari ini.

Sebelumnya diketahui, RS Lapangan Indrapura resmi ditutup. Rumah sakit khusus merawat pasien COVID-19 ini ditutup berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/237/KPTS/013/2022 tentang Penutupan RSLKI tertanggal 4 April 2022.



Simak Video "Bikin Laper: Bebek Papin Surabaya yang Lembut Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)