Hati-hati, Petugas Temukan Makanan Kedaluwarsa di Kabupaten Kediri

Andhika Dwi - detikJatim
Selasa, 12 Apr 2022 19:49 WIB
Sidak makanan kediri.
Petugas memeriksa makanan di sebuah toko di Kabupaten Kediri. (Foto: Dok. Istimewa)
Kediri -

Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri bersama Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) menggelar sidak beberapa toko makanan, Selasa (12/4/2002). Sidak itu dilakukan untuk mengawasi keamanan pangan serta melindungi kesehatan masyarakat utamanya menjelang Hari Raya Idulfitri.

PFM Ahli Muda Loka Pom Kabupaten Kediri Rusdiyah Fatatik mengatakan, datangnya bulan Ramadan disambut antusias warga Kediri. Terlebih lagi, dua momen Ramadan dan Idulfitri yang lalu sejumlah batasan diterapkan karena pandemi COVID-19.

"Dengan adanya pelonggaran batasan dalam bulan Ramadan dan Idulfitri tahun ini, masyarakat pasti akan lebih antusias. Oleh sebab itu kami akan melakukan pengawalan keamanan pangan dengan menggelar sidak," kata Rusdiyah.

Menurutnya, target intensifikasi pengawasan pangan ini berfokus pada olahan pangan Tanpa Izin Edar (TIE) atau ilegal. Pada sidak teresebut, mengecek tanggal kedaluwarsa dan distribusi pangan.

"Hasilnya, kami menemukan beberapa pangan yang rusak. Seperti kemasan kaleng yang sudah penyok, juga ada produk yang sudah kedaluwarsa," terangnya.

Lebih lanjut, tim Loka POM juga meminta pelaku usaha untuk patuh terhadap peraturan perundang-undangan dalam menjalankan usahanya. Selain itu, mereka berharap konsumen berhati-hati, lebih selektif, dan waspada terhadap potensi bahaya produk pangan.

"Masyarakat harus menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih makanan yang aman dengan selalu melakukan cek KLIK yaitu cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan olahan dalam kemasan," tukas Rusdiyah.



Simak Video "Awas! Makanan Tanpa Label Kedaluwarsa Masih Beredar di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)