Polres Jombang Gelar Vaksinasi Berhadiah, Sasar Lansia hingga Pemudik

Polres Jombang Gelar Vaksinasi Berhadiah, Sasar Lansia hingga Pemudik

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Sabtu, 09 Apr 2022 14:28 WIB
Vaksinasi di Polres Jombang
Vaksinasi berhadiah di Polres Jombang (Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Jombang -

Tak hanya melayani vaksinasi saat pagi, siang dan malam, Polres Jombang juga memberikan hadiah kepada masyarakat yang divaksin. Vaksinasi berhadiah ini digelar untuk mudik lebaran sehat, sekaligus melindungi lansia dari COVID-19.

Selama Ramadan, Polres Jombang memberikan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan vaksin. Baik vaksin COVID-19 dosis pertama, kedua, maupun dosis ketiga atau vaksin booster.

Bagi warga Jombang yang mempunyai waktu luang pagi hingga siang, bisa memilih datang ke Poliklinik Pratama Polres Jombang di Kantor Satlantas Polres Jombang, Jalan Brigjen Kretarto nomor 10. Layanan vaksinasi dibuka Senin hingga Sabtu pukul 08.00 sampai 12.00 WIB.

Sedangkan bagi para pekerja, bisa mengikuti vaksinasi sekaligus salat tarawih berjamaah di Masjid An Nur, Kantor Satlantas Polres Jombang pukul 19.30-21.00 WIB. Tidak hanya itu, vaksinasi COVID-19 yang digelar Polres Jombang juga berhadiah.

Seperti vaksinasi pada Jumat (8/4) malam di Masjid An Nur. Ratusan warga Kota Santri ini mendapatkan layanan vaksinasi dosis 1, 2 dan 3 setelah salat tarawih bersama Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat dan Kasat Lantas AKP Rudi Purwanto.

Setelahnya, setiap peserta vaksinasi mendapatkan hadiah berupa 1 kilogram gula pasir dan 1 kilogram minyak goreng. Bahkan, masing-masing lansia diberi hadiah tambahan berupa 5 kilogram beras.

"Alhamdulillah kami mempunyai terobosan sekaligus mengisi Ramadan dengan salat tarawih berjemaah dilanjutkan dengan vaksinasi untuk seluruh lapisan masyarakat. Kami bekerja sama dengan beberapa mitra untuk pengadaan sembako," kata Nurhidayat kepada detikJatim, Sabtu (9/4/2022).

Kapolres Jombang ini menjelaskan, pihaknya mempunyai persediaan 3 ribu dosis vaksin COVID-19. Sedikitnya 500 dosis vaksin ia alokasikan untuk vaksinasi berhadiah kemarin malam. Oleh sebab itu, masyarakat tidak perlu khawatir karena stok vaksin masih melimpah.

"Kami lanjutkan dengan kegiatan berikutnya, tidak berhenti di sini saja," tegas Nurhidayat.

Berbagai upaya yang dilakukan Polres Jombang, lanjut Nurhidayat, untuk membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi COVID-19 terhadap semua usia. Melalui vaksinasi berhadiah, ia ingin menggenjot capaian vaksinasi terhadap kalangan lansia yang saat ini di angka 55 persen agar menjadi 65 persen.

Selain itu, vaksinasi berhadiah juga untuk mewujudkan mudik lebaran lancar dan sehat. Karena melalui vaksinasi, masyarakat yang mudik dan merayakan lebaran bisa terhindar dari penularan COVID-19. Terlebih lagi, vaksinasi menjadi syarat untuk mudik lebaran tahun ini.

"Kami ingin meningkatkan jumlah vaksin booster sehingga masyarakat bisa mudik dengan nyaman," jelasnya.

Animo masyarakat mengikuti vaksinasi berhadiah di Majid An Nur Kantor Satlantas Polres Jombang ternyata cukup tinggi. Tak hanya untuk mudik lebaran, warga yang tidak mudik juga greget mengikuti vaksinasi booster. Seperti yang dilakukan Imam (62), warga Desa Dapur Kejambon, Kecamatan Jombang.

"Vaksinnya juga penting untuk kesehatan. Saya sudah tiga kali vaksin walaupun saya tidak mudik karena asli Jombang," tandasnya.



Simak Video "Vaksin Booster Kedua Gratis, Masyarakat Bisa Langsung Datang ke Faskes"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)