Pria Jember Harus Dilatih Buang Air Usai Gelas Diambil Lewat Anus

Tim detikJatim - detikJatim
Kamis, 07 Apr 2022 14:19 WIB
gelas dalam perut pria di jember
Gelas yang diambil dari dalam tubuh pria Jember. (Foto: Yakub Mulyono)
Jember -

Nurlasiadi saat ini sedang dalam proses pemulihan setelah gelas yang sempat berada di dalam tubuhnya diambil oleh tim dokter RSD Balung melalui proses operasi. Untuk mengeluarkan gelas tersebut, dokter merobek anus pria asal Semboro, Jember tersebut.

Pascaoperasi pengambilan gelas, Nurlasiadi harusnya tetap mendapat perhatian tim medis. Fisiatri dari RSUD dr Soetomo, Martha Kurnia Kusumawardani SpKFR(K) menyarankan agar Nurlasiadi diberi program pelatihan secara bertahap agar bisa beraktivitas normal. Salah satunya aktivitas buang air, karena sisa jahitan operasi berada di anus.

"Pasien harus dibiasakan duduk aktif, berdiri, jalan, makan, mandi, sampai buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB)," jelas dr Martha dihubungi detikJatim, Kamis (7/4/2022).

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga itu melanjutkan, proses pemulihan Nurlasiadi bergantung pada keluhan yang dirasakan. Ada kemungkinan membutuhkan waktu yang lama.

"Kalau memang sampai mengganggu fungsi organ tubuh lainnya, ya lama. Tidak bisa dipastikan sebelum ada pemeriksaan lebih lanjut. Tentunya juga didukung dengan asupan nutrisi dan obat-obataan yang dibutuhkan pasien," dr Martha melanjutkan.

Sebelumnya, tim RSD Balung menyebutkan bahwa posisi gelas yang berada di dalam tubuh Nurlasiadi berada di rektum atau usus besar. Sehingga, dokter tidak membedah perut Nurlasiadi, melainkan merobek anusnya.

"Bukan perut tengah, tapi dekat dengan anus atau dubur. jadi tidak dilakukan operasi pembedahan besar di perut," Kepala Humas RSD Balung dr Doddy Radi Sakti.



Simak Video "Pengakuan Pria di Jember yang Dalam Tubuhnya Ditemukan Gelas Kaca"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)