Ayo Rek Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Puasa!

Tim detikJatim - detikJatim
Rabu, 06 Apr 2022 11:55 WIB
Sikat Gigi
Ilustrasi sikat gigi (Foto: Shutterstock)
Surabaya -

Saat Ramadan, kesehatan gigi dan mulut menjadi penunjang menjalani puasa. Jangan sampai, masalah gigi dan mulut muncul seperti bau mulut, peradangan gusi, dan lain-lain.

Karenanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mulai sahur, berbuka puasa, hingga menjelang tidur. Berikut 3 tips menjaga kesehatan gigi dan mulut dari drg Elisea Kimora SpKG:

1. Berkumur atau minum air putih sebelum sahur

Saat baru bangun tidur, sebaiknya Anda jangan langsung sahur. Berkumurlah dengan air hangat atau air putih terlebih dahulu.

"Jadi setelah bangun tidur itu kan ada penumpukan air liur, nah itu sebaiknya dinetralisir dulu dengan berkumur air hangat, lalu minum air putih, barulah sahur," papar drg Elisea saat ditemui detikJatim, Rabu (6/4/2022).

Menurut dia, berkumur sebelum sahur juga memiliki beragam manfaat. Seperti mencegah gigi berlubang, mengurangi peradangan pada gusi dan menetralisir asam di mulut.

2. Sikat Gigi setelah sahur

Saat puasa, sebaiknya Anda menyikat gigi usai sahur atau sebelum subuh. Terutama karena ada risiko pasta gigi tertelan saat puasa.

Namun, ada beberapa rambu yang harus diperhatikan. Misalnya jangan minum atau makan lagi setelah sikat gigi.

"Setelah sahur selesai semua, langsung aja gosok gigi. Tapi, pastikan jangan makan atau minum lagi setelah sikat gigi, walau hanya minuman manis," ujarnya.

3. Sikat gigi sebelum tidur

Malam setelah berbuka dan salat tarawih, jangan lupa gosok gigi. Manfaat sikat gigi sebelum tidur sangatlah banyak. Terutama untuk mencegah bau mulut, gigi berlubang dan peradangan.

"Lengkapi membersihkan gigi dengan benang gigi agar maksimal pembersihannya. Lalu lidah dibersihkan pelan-pelan untuk mencegah bau mulut. Kumur-kumur dengan obat kumur yang mengandung antiseptik tiap 3 atau 4 hari sekali," jelas alumnus Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG Unair) itu.

Selamat berpuasa dan tetap jaga kesehatan gigi dan mulut ya!



Simak Video "Cara Kerja Mesin Suction Gigi GL Dexin+ yang Diklaim Cegah Penyebaran Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/sun)