Banjir Genangi Jalur Pantura Kraton Pasuruan, Kemacetan Mengular hingga 4 Km

Muhajir Arifin - detikJatim
Rabu, 30 Mar 2022 09:07 WIB
banjir di kraton pasuruan
Banjir di Pasuruan sebabkan kemacetan (Foto: Muhajir Arifin/detikJatim)
Pasuruan -

Banjir menggenangi jalur pantura Jalan Raya Tambakrejo, Kraton, Pasuruan. Akibat banjir ini, kemacetan pun tak terhindarkan.

Dari arah Surabaya ke Pasuruan, kemacetannya mencapai 4 KM. Sedangkan kendaraan dari arah Pasuruan menuju ke Surabaya langsung diarahkan melewati tol.

Pantauan detikJatim, genangan air di jalan raya paling tinggi selutut orang dewasa atau sekitar 30 hingga 40 cm. Terlihat, banjir juga merendam setengah ban truk.

Meski tergenang, kendaraan besar seperti truk dan bus, serta kendaraan pribadi tetap melintas. Kendaraan ini melaju pelan. Akibatnya, arus lalu lintas terpantau merambat.

Sejumah kendaraan roda dua juga tampak nekat menerobos banjir, meski berisiko mogok. Namun sebagian besar motor memilih berhenti. Terlihat, banyak pengendara yang nekat menerobos banjir yakni masyarakat yang hendak berangkat kerja.

"Genangan paling dalam sekitar lutut orang dewasa di tengah," kata Arif, salah satu warga, Rabu (30/3/2022).

Banjir di ruas jalan ini sudah berlangsung sejak semalam akibat hujan lebat yang menyebabkan Sungai Welang Pasuruan dan beberapa sungai sekitarnya meluap.

Sebelum ke jalan raya, luapan air lebih dulu merendam permukiman sekitar.

Kondisi ini berulang setiap tahun dan terjadi selama bertahun-tahun. Namun tidak ada solusi dari pemerintah. Selain itu, lokasi banjir kini bertambah yang biasanya hanya di satu titik, kini menjadi dua titik.



Simak Video "Busa Setinggi 2 Meter Muncul di Sungai Mulyorejo, Ini Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)