WN Afghanistan Longmarch ke DPRD Sidoarjo, Lalin 4 Titik Simpang Gedangan Macet

Suparno - detikJatim
Selasa, 29 Mar 2022 12:27 WIB
Pengungsi Afghanistan kembali demo melakukan aksi longmarch dari Layang Waru ke arah Kantor DPRD Sidoarjo
Demo WN Afghanistan di Sidoarjo membuat kemacetan di Perempatan Gedangan (Foto: Suparno/detikJatim)
Sidoarjo -

Ratusan pengungsi Afghanistan kembali demo meminta dipindah ke negara ketiga. Mereka longmarch dari Layang Waru menuju Gedung DPRD Sidoarjo. Saat melintasi Simpang/Perempatan Gedangan, kemacetan terjadi di empat penjuru.

"Dampak demo ini kemacetan di Perempatan Gedangan ini dari empat titik. Dari Surabaya ke Sidoarjo dan juga arah sebaliknya dari Sidoarjo ke Surabaya. Kemudian dari arah Sedati ke Gedangan juga terdampak. Kalau dari arah Sukodono ke Gedangan tidak terlalu sepertinya," ujar salah satu petugas kepolisian kepada detikJatim, Rabu (29/3/2022).

Pantauan di lokasi, aksi longmarch para pengungsi Afghanistan itu tiba di Simpang Gedangan sekitar pukul 11.34 WIB. Kemacetan sudah terjadi beberapa menit sebelum itu karena ekor antrean kendaraan yang melambat.

Sebelumnya, para pengungsi Afghanistan ini berangkat longmarch dari Layang Waru sekitar pukul 09.30 WIB. Kurang lebih ada 250 pendemo yang melakukan aksi menggunakan dua lajur di Jalan Raya Waru.

Wahyu Tri Wibowo Kasubsi Ketertiban Rumah Detensi Imigrasi Surabaya menjelaskan, para pengunjuk rasa ini memang beberapa kali melakukan aksinya menuntut Organisasi Pengungsi Dunia UNHCR memindahkan mereka ke negara ketiga.

"Jadi selama ini memang mereka tinggal di kawasan Jemundo, tepatnya di Rusun Puspa Agro dan memang sudah belasan tahun di sana. Mereka minta dipindah ke negara ketiga, tapi itu bukan kewenangan pemerintah Indonesia, itu kewenangan UNHCR," katanya kepada detikJatim.

Pada aksinya kali ini para pengunjuk rasa itu longmarch menuju Kantor DPRD Jatim. Mereka membawa spanduk tuntutan. Untuk menghalau panas, sebagian dari mereka memakai payung warna-warni.



Simak Video "Pengungsi Afghanistan di Sidoarjo Demo, Minta Dipindah ke Negara Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)