Camat Blitar Sesalkan Keluarga Tak Aware soal Manula Meninggal Positif COVID-19

Erliana Riady - detikJatim
Sabtu, 26 Mar 2022 14:54 WIB
Seorang Kakek Positif COVID-19 di Blitar Ditemukan Meninggal di Rumahnya
Rumah korban/Foto: Istimewa (Dok Polresta Blitar)
Blitar -

Camat Sananwetan Kota Blitar menyesalkan warga yang tidak melapor ke Satgas COVID-19. Itu setelah Muhaji (80) ditemukan meninggal positif COVID-19 di rumahnya. Dia berharap kejadian warga positif COVID-19 yang ditemukan meninggal di dalam rumahnya tidak terulang lagi.

"Tahu kondisi anggota keluarganya batuk pilek seperti itu, tergolong manula juga. Tapi tidak ada yang melaporkan ke Satgas COVID-19. Ini yang saya sesalkan. Korban tidak tertangani secara medis hingga ditemukan telah meninggal," kata Camat Sananwetan, Purwanto, Sabtu (26/3/2022).

Dari kejadian ini, Purwanto kembali mengingatkan warga COVID-19 masih ada dan berbahaya. Apalagi bagi manula yang memiliki penyakit bawaan lainnya atau komorbid.

Purwanto menandaskan, Satgas COVID-19 di tingkat kecamatan masih ada. Petugas akan mendatangi warga untuk memeriksa kondisi kesehatan mereka bagi yang mengalami gejala mengarah terpapar Corona.

"COVID-19 masih ada. Satgas COVID-19 Kecamatan Sananwetan selalu siap untuk memeriksa kondisi kesehatan warga yang bergejala. Semoga kejadian ini tidak terulang lagi, sehingga warga yang bergejala bisa mendapatkan pengobatan medis yang cepat dan tepat," pungkasnya.

Sebelumnya, Muhaji (80) ditemukan meninggal di dalam rumahnya. Keterangan saudaranya yang tinggal berdekatan, korban dalam sepekan ini menderita batuk pilek tak kunjung sembuh. Dari keterangan tersebut, polisi yang menerima laporan menangani jenazah memakai APD lengkap.

Jenazah warga Jalan Jalan Diponegoro No 3B RT 02 RW IX Kecamatan Sananwetan lalu dibawa ke RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Dan benar dugaan polisi, hasil tes swab, jenazah Muhaji positif COVID-19.



Simak Video "Jeno-Chenle Positif Covid-19, Jadwal NCT DREAM Pekan Ini Dibatalkan"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)