Pelabuhan Banyuwangi Dipadati Ratusan Bus Tujuan Mandalika

Pelabuhan Banyuwangi Dipadati Ratusan Bus Tujuan Mandalika

Ardian Fanani - detikJatim
Kamis, 17 Mar 2022 13:37 WIB
Ratusan bus antre di Pelabuhan Banyuwangi
Ratusan bus antre di Pelabuhan Banyuwangi/ Foto: Istimewa
Banyuwangi -

Ratusan bus wisatawan yang akan melihat perhelatan Moto GP di sirkuit Mandalika, Lombok, terus mengalir di Pelabuhan di Banyuwangi. Ratusan bus, kendaraan kecil hingga kendaraan sedang diseberangkan melalui Pelabuhan Tanjungwangi langsung ke Pelabuhan Gili Mas Lombok NTB.

Ramainya jalur penyeberangan Banyuwangi-Lombok penuh sejak Selasa (15/3/2022). Sebanyak 201 bus berangkat menuju melalui Pelabuhan Tanjungwangi. Lalu Rabu (16/3) sebanyak 104 bus juga diberangkatkan via tol laut Banyuwangi Lombok ini.

"Total ada sekitar 305 bis yang sudah diberangkatkan dua hari ini. Kapasitas masing-masing sekitar 40 orang tiap bis," ujar Kepala Cabang PT ALP Agus Rani, Kamis (17/3/2022).

Menurut Agus, bus-bus tersebut menyeberang dengan diangkut oleh tiga kapal besar. Tiga kapal itu yakni KM Mutiara Sentosa III; KM Mutiara Timur dan KMP Mutiara Barat.

Setiap harinya, lanjut Agus, pihaknya menyediakan dua trip kapal. Kapal-kapal tersebut, menurut Agus berangkat pada pukul 02.00 WIB dan 10.00 WIB dari Pelabuhan Tanjungwangi. Setiap kapal ini memiliki kapasitas maksimal 145 kendaraan dari berbagai jenis.

"Karena itu harus diatur agar semuanya bisa terangkut tepat sebelum event berlangsung," tambahnya.

Agus menambahkan angin kencang yang beberapa kali melanda wilayah perairan selat bali dalam sepekan terakhir menurut Agus juga menjadi perhatiannya. Namun, Agus menjamin tinggi ombak di perairan yang mencapai 3 sampai 4 meter masih bisa diatasi kapal yang memiliki ukuran besar.

"Kalau kapal kita lihat masih cukup anteng dengan tinggi ombak yang ada, kita masih mampu menahan ombak sampai tinggi 4-5 meter," tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Gapasdap Jawa Timur, Sunaryo mengatakan kendaraan pribadi dengan tujuan Lembar dan Bali membenarkan dalam dua hari terakhir mengalami peningkatan.

Ia menduga kendaraan-kendaraan tersebut seluruhnya menuju Sirkuit Mandalika untuk menyaksikan perhelatan Moto GP yang akan digelar pada Jumat (18/3).

"Kendaraan yang akan menuju Bali dan Lembar terlihat memenuhi pelabuhan sejak dua hari terakhir. Sepertinya tujuanya sama, karena mereka datang mendekati waktu pelaksanaan Moto GP,"tandas Sunaryo.



Simak Video "Saat Pebalap MotoGP Quartararo Belanja Kartu Perdana di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)