Dinas Pertanian Sebut Pohon Pisang Raksasa Ponorogo Banyak Ditemui di Papua

Charolin Pebrianti - detikJatim
Selasa, 15 Mar 2022 19:07 WIB
Pohon pisang raksasa di Ponorogo
Pohon pisang raksasa di Ponorogo/Foto: Charolin Pebrianti/detikJatim
Ponorogo -

Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Ponorogo telah meninjau pohon pisang raksasa 'Aladin'. Pohon yang tumbuh di Dusun Setumbal, Desa Jurug, Kecamatan Sooko ini disebut banyak tumbuh di Papua.

Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Dipertahankan Ponorogo, Medi Susanto menerangkan, pisang raksasa tersebut memiliki nama latin Musa ingens.

"Yang dikenal pisang Papua. Pisang seperti itu banyak tumbuh di daerah Papua, di daerah Fakfak. Mirip seperti itu," tutur Medi kepada detikJatim, Selasa (15/3/2022).

Medi menambahkan manusia memang jarang mengkonsumsi pisang tersebut. Sebab, di dalam buah pisang banyak bijinya.

"Sehingga kenapa kok itu tumbuh di lahan porang, karena porang itu pengembangannya dengan katak, nah biji pisang itu juga sebesar katak cuma warnanya lebih hitam," imbuh Medi.

Menurut Medi, sumber katak Porang di Ponorogo dari berbagai pulau di Indonesia. Kemungkinan ada salah satu biji pisang raksasa itu terbawa ke dalam katak Porang.

"Analisa saya seperti itu, karena di daerah Jateng juga muncul seperti itu, di tengah-tengah porang," kata Medi.

Sebelumnya, pohon pisang dengan tinggi mencapai 4 meter dan diameter 1,8 meter ini sempat menghebohkan masyarakat. Selain memiliki ukuran besar, bagian batang pisang ini berbentuk seperti daun sawi. Ada batang dengan ujung daun, batangnya pun tipis dan lebar. Saat tidak ditali bagian batang, batangnya bakal melebar layaknya sawi.

Meski sudah berumur 1,5 tahun, pohon pisang ini belum muncul tanda-tanda berbuah. Menariknya, daun pisang ini tampak utuh dan tidak sobek. Sedangkan batangnya tinggi besar.

Pohon pisang raksasa di Ponorogo ini juga punya keunikan sendiri. Sang pemilik, Ladi menyebut pohon pisang raksasa miliknya memiliki getah berwarna kuning serta tak memiliki bau pisang.

Saat dicoba memotong satu lembar batang pohon pisang tersebut. Ternyata, memang benar getahnya berwarna kuning. Sedangkan pohon pisang biasa, getahnya berwarna putih.



Simak Video "Melihat Pohon Pisang Raksasa 'Aladin' di Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/hil)