Pohon Pisang Raksasa Bernama Aladin di Ponorogo Akan Dibudidayakan

Charolin Pebrianti - detikJatim
Minggu, 06 Mar 2022 16:33 WIB
Pohon pisang raksasa di Ponorogo
Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo -

Sebuah pohon pisang raksasa tumbuh di Dusun Setumbal, Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Ponorogo. Pisang yang memiliki tinggi 4 meter dan diameter 1,8 meter ini rencananya bakal dibudidayakan oleh pemilik lahan.

Pemilik lahan, Ladi Harjo (68) mengaku, dirinya bakal terus merawat dan menjaga pisang yang diberi julukan 'Aladin' itu. Karena, pohon pisang miliknya ini unik dan berukuran besar layaknya raksasa.

"Rencananya memang mau saya rawat, saya pupuk. Tapi pupuk kandang atau kompos saja," tutur Ladi kepada detikJatim, Minggu (6/3/2022).

"Ini mau saya budidayakan, tapi belum tahu cara membudidayakannya. Kalau pisang biasa kan tunas, tapi ini belum keluar tunas," imbuhnya.

Ladi menambahkan, pisang Aladin miliknya ini menjadi incaran warga. Sebab, tak jarang warga datang melihat karena penasaran dengan ukuran dan bentuk pisang raksasa miliknya.

"Sementara saya rawat dulu, ini sudah 1,5 tahun ditanam. Batangnya semakin tinggi dan besar,"imbuh Ladi.

Pantauan detikJatim, Ladi telaten merawat pohon pisang raksasa miliknya. Bentuk batangnya yang terdiri dari lapisan batang yang pipih serta lebar layaknya sawi, kini ditali supaya pelepahnya tidak menimpa tanaman porang miliknya.

Jika ada pelepah yang sudah tua, Ladi pun memangkas pelepah tersebut.

Menariknya, saat pelepah ditebas, getahnya berwarna kuning. Tidak berwarna putih seperti layaknya pisang pada umumnya.

"Pisang ini bakal saya rawat terus, semoga membawa berkah untuk keluarga saya dan warga sekitar," tandas Ladi.

Hingga saat ini, tanaman pisang raksasa milik Ladi tetap tumbuh ke atas. Meski sudah 1,5 tahun dirawat hingga saat ini belum muncul jantung dan buah pisang.

"Belum tahu kapan berbuahnya, kita tunggu saja," pungkas Ladi.



Simak Video "Melihat Pohon Pisang Raksasa 'Aladin' di Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/sun)