Cak Imin Santuy Respons Tak Masuk 3 Besar Survei Capres

Adhar Muttaqin - detikJatim
Senin, 07 Mar 2022 19:59 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar
Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Foto: Adhar Muttaqin/detikJatim)
Tulungagung -

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar tidak masuk dalam 3 besar survei capres. Terkait hasil itu, Muhaimin menanggapinya dengan santai.

"Ya tergantung surveinya, tapi kita mulai dari Jawa Timur lihat saja nanti pada bulan April. Kita baru mulai satu bulan ini dan insya Allah kita akan lihat. Karena survei itu bisa jadi cuman, apalagi yang survei bersifat tertutup hanya 10 nama yang diajukan nama saya nggak dimasukkan, kalau terbuka ya saya masih ada," kata Muhaimin saat berkunjung di Ponpes Kuno Al Hikmah Mlaten, Tulungagung, Senin (7/3/2022).

Pihaknya optimis dengan gencarnya safari politik yang digelar akan mendongkrak elektabilitasnya. Untuk itu pihaknya menginstruksikan kepada jajaran DPC PKB bergerak meyakinkan masyarakat, kiai, hingga aktivis NU.

Di Jawa Timur, Muhaimin menggelar safari politik selama 7 hari berturut-turut di sembilan kabupaten dan kota, yakni Sidoarjo, Jombang, Pacitan, Ngawi, Madiun, Trenggalek Tulungagung, Kediri dan Surabaya. Dalam lawatannya, Ia bertemu dengan sejumlah kiai, guna meminta restu maju sebagai kandidat calon presiden 2024.

"Saya masih berusaha komunikasi dengan partai politik, tapi kalau soal kiai Alhamdulillah solid. Alhamdulillah para Kiai gus gus muda mulai dari Ploso, Lirboyo, Jombang, Madura, Lamongan, Pantura, Sidogiri, Langitan, semuanya sudah menjadi satu," imbuhnya.

Sementara hasil survei terkait pendapat key opinion leader (KOL) terhadap bakal capres 2024, elektabilitas Muhaimin Iskandar dalam posisi papan bawah. Sedangkan pada dua survei lain sebelumnya, posisi nama Muhaimin juga masuk posisi bawah.

Hasil survei kolaborasi lembaga survei Politica Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) terkait pendapat key opinion leader menempatkan posisi Muhaimin pada urutan ke-8, dengan hasil 6,54.

Sedangkan sebelumnya Litbang Kompas juga merilis hasil survei elektabilitas tokoh yang berpotensi maju Capres 2024. Hasilnya, menempatkan Prabowo Subianto di urutan pertama dengan 26,5 persen, posisi kedua Ganjar Pranowo 20,5 persen dan posisi ketiga Anies Baswedan 14,2 persen. Nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar tidak terlihat dalam survei tersebut.

Hasil tak jauh beda juga muncul dalam survei yang dilakukan Lembaga Survei Nasional (LSN). Nama Muhaimin Iskandar berada di posisi paling bawah dengan memperoleh 0,6 persen. Posisi tiga teratas diduduki Prabowo, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Ini detail hasil beberapa lembaga survei soal Capres Muhaimin Iskandar:

1. Survei PRC-PPI:

Ganjar Pranowo 7,51
Anies Baswedan 7,32
Sandiaga Uno 7,20
Ridwan Kamil 7,14
Erick Thohir 6,88
Prabowo Subianto 6,85
Andika Perkasa 6,69
Muhaimin Iskandar 6,54
Airlangga Hartarto 6,41
Agus Harimurti Yudhoyono 6,31
Puan Maharani 5,80

2. Survei Litbang Kompas:

- Prabowo Subianto 26,5%
- Ganjar Pranowo 20,5%
- Anies Baswedan 14,2%
- Sandiaga Uno 4,9%
- Agus Harimurti Yudhoyono 3,7%
- Basuki Tjahaja Purnama 2,9%
- Ridwan Kamil 2,6%
- Tri Rismaharini 2,6%
- Andika Perkasa 2%
- Gatot Nurmantyo 1,4%
- Erick Thohir 1,1%
- Mahfud Md 1,1%
- Puan Maharani 0,6%
- Lainnya 4,1%
- Tidak ada/tidak tahu/rahasia 11,8%

3. Survei LSN:

- Prabowo Subianto 21,9%
- Anies Baswedan 19,2%
- Ganjar Pranowo 18,8%
- Sandiaga Uno 8,7%
- Ridwan Kamil 7,5%
- Basuki Tjahaja Purnama 3,9%
- Erick Thohir 2,8%
- Agus Harimurti Yudhoyono 2,6%
- Moeldoko 2,5%
- Gatot Nurmantyo 1,9%
- Mahfud Md 0,9%
- Airlangga Hartarto 0,9%
- Muhaimin Iskandar 0,6%
- La Nyalla Mattalitti 0,6%
- Puan Maharani 0,3%
- Undecided voters 6,9%



Simak Video "Cak Imin di Apel Kebangkitan Indonesia: Kita Siap Nyapres"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)