Cak Imin Klaim Dapat Dukungan Gus se-Jatim untuk Maju Pilpres 2024

Ardian Fanani - detikJatim
Rabu, 19 Jan 2022 23:44 WIB
ketua dpp pkb muhaimin iskandar
Cak Imin saat silaturrahmi sekaligus konsolidasi bersama para gus dan kiai di PCNU Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani )
Banyuwangi -

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengklaim mendapatkan dukungan dari Gus-gus se-Jawa Timur untuk maju dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024.

Hal ini disampaikan langsung oleh Gus Imin saat silaturrahmi sekaligus konsolidasi bersama para gus dan kiai di PCNU Banyuwangi, Rabu malam (19/1/2022). Hadir dalam acara itu sejumlah Gus di wilayah Tapal Kuda dan Banyuwangi.

"Jadi para kiai muda atau para gus di Jawa Timur meminta saya untuk berpartisipasi pada Pilpres Tahun 2024," kata Muhaimin kepada DetikJatim.

Saat ini, kata pria yang akrab dipanggil Cak Imin ini, dirinya bakal getol melakukan konsolidasi dengan para gus Jawa Timur yang lain terkait persiapan pemilu Tahun 2024 mendatang.

"Kita silaturrahmi dengan para gus di Jawa Timur, mulai pagi sampai siang. Intinya merapatkan barisan untuk pemilu 2024, mulai dari Pileg, Pilpres, hingga Pilkada," kata Cak Imin.

Menindaklanjuti hasil konsolidasi dengan para gus tersebut, malam ini Cak Imin bersilaturrahmi dengan para kiai dan ulama di Bumi Blambangan untuk meminta restu.

"Alhamdulillah malam ini kami bisa sowan kepada kiyai ulama di Banyuwangi, mohon doa restu dan dukungannya di 2024 bisa lancar," ungkapnya.

Cak Imin mengaku, selama tiga bulan ke depan dirinya akan berkeliling Jawa Timur untuk sowan kepada para kiai dan ulama, sekaligus memetakan potensi dirinya maju pada Pilpres 2024.

"Kami akan berusaha sampai 3 bulan ke depan untuk menghitung dan mengkalkulasi potensi dukungan masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, PKB juga akan melihat peta koalisi, mengingat syarat minimal untuk maju sebagai calon presiden dan wakil presiden minimal 20 persen kursi parlemen.

"Kita lihat siapa saja teman koalisi. Ini bisa dilihat nanti pada tahun 2023," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini mengatakan, dukungan para gus kepada Cak Imin agar maju dalam Pilpres 2024 bukan tanpa alasan.

Cak Imin dinilai sebagai salah satu kader terbaik NU yang berada di politik praktis. "Kader NU yang diposisikan di politik praktis adalah Cak Imin. Kita tidak punya orang lain. Bismillah, kita akan membersamai Gus Muhaimin sampai 2024 nanti," tegas Gus Makki.



Simak Video "Cak Imin Ingin Karantina Mandiri Bagi Seluruh Pelaku Perjalanan Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)