Ini Alasan Kenapa Pisang 'Aladin' Raksasa di Ponorogo Bakal Dibudidayakan

Suki Nurhalim, Charolin Pebrianti - detikJatim
Minggu, 06 Mar 2022 19:24 WIB
Pohon pisang raksasa di Ponorogo
Pohon pisang raksasa di Ponorogo/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo -

Pohon pisang raksasa berukuran tinggi 4 meter dan lebar 1,8 meter di Dusun Setumbal, Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Ponorogo akan dibudidayakan. Pemerintah desa setempat melihat ini sebagai potensi unggulan desanya.

Sebab, pohon tersebut bisa menarik wisatawan datang karena penasaran. Pun juga karena nilai pohon pisang bisa dimanfaatkan. Mulai dari daun hingga batang.

"Kalau daun rencananya mau saya jual ke penjual pecel untuk pincuk (pembungkus)," tutur Kades Jurug, Sukamto kepada detikJatim, Minggu (6/3/2022).

Pun untuk batangnya, utamanya yang besar dan tinggi bisa dimanfaatkan untuk para dalang saat tampil di pagelaran wayang. Batang ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat meletakkan wayang.

"Untuk tempat wayang kan bisa debog (batang), kalau lurus dan panjang kan enak naruh wayangnya," tambah Sukamto.

Rencananya, lanjut Sukamto, dia bakal mengundang peneliti dari akademisi untuk mengetahui cara membudidayakan pisang 'Aladin' ini di desanya. Sebab, hingga saat ini dia belum mengetahui cara pembudidayaannya.

"Apakah lewat tunas atau biji, itu yang saya belum tau. Pengennya bisa dibudidayakan dan ditanam serentak di desa sebagai daya wisata," imbuh Sukamto.

Sukamto pun berharap dari Pemkab Ponorogo melalui Dinas Pertanian bisa melakukan penelitian di desanya. Selain meneliti penyebab tumbuhnya pisang raksasa ini di desanya pun juga bagaimana cara pengembangbiakannya.

"Harapannya ada perhatian dari dinas pertanian, supaya melihat kondisi disini dan bagaimana cara pengembangannya," pungkas Sukamto.



Simak Video "Melihat Pohon Pisang Raksasa 'Aladin' di Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/hil)