WN Afghanistan di Sidoarjo Kembali Demo, Tuntut Minta Dipindah ke Negara Lain

Suparno - detikJatim
Selasa, 22 Feb 2022 16:43 WIB
Demo WN Afghanistan
WN Afghanistan saat melakukan aksi. (Foto: Suparno)
Sidoarjo -

Ratusan WN Afghanistan kembali melakukan aksi damai di depan DPRD Sidoarjo. Dalam aksi ini, massa meminta segera dipindah ke negara lain.

Saat melakukan aksi, massa sempat long march dari Lippo Sidoarjo menuju lokasi demo. Pantauan detikJatim, saat melakukan long march-nya, mereka terlihat tertib melewati Jalan Pahlawan, Jalan Tamrin, A Yani, dan berhenti di depan DPRD Sidoarjo Jalan Sultan Agung Sidoarjo. Saat aksi, mereka juga membentangkan banner bertuliskan bahasa Afganistan.

"Kami minta kompensasi dari UNHCR. Organisasi tersebut mempermainkan kehidupan pengungsi. UNHCR jangan membunuh pengungsi lagi. Kami meminta terhadap UNHCR Indonesia peduli dan menginginkan kami ke negara ketiga yang mau menerima kami," kata salah satu korlap aksi, Sultan, Selasa (22/2/20222).

Ia menambahkan, ratusan warga Afghanistan yang menempati rusunawa Puspa Agro Jumundo ini merasa bosan. Sejak tahun 2014, mereka sudah menempati rusun ini.

"Permintaan kami tidak terlalu tinggi, kami menginginkan segera dikirim ke negara ketiga yang membutuhkan kami. Ada beberapa negara ketiga yang membutuhkan kami, Amerika, Canada, dan Australia. Tapi kenapa UNHCR Indonesia tidak mau membantu kami," jelas Sultan.

Hal yang sama disampaikan Arash (26), ia mengaku dirinya sudah lama tinggal di Indonesia. Namun hingga kini, UNHCR tidak pernah memihak para pengungsi Afghanistan.

"Kami menginginkan pihak UNHCR membantu kami untuk mengirimkan kami ke negara ketiga. Selama ini pihak UNHCR berjanji hanya menyanggupi para pengungsi dari Afghanistan. Namun hingga saat ini hanya janji-janji saja," tandas Arash.

Sementara itu, usai melakukan orasi di Depan Gedung DPRD Sidoarjo, massa mulai membubarkan diri. Sekitar pukul 13.45 WIB, mereka membubarkan diri dengan tertib.



Simak Video "Mendobrak Jalan Buntu Penantian Pengungsi ke Negara Impian"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/hil)