Bantahan Gus Yahya soal Klaim Cak Imin Didukung NU di Jatim

Faiq Azmi - detikJatim
Kamis, 17 Feb 2022 15:34 WIB
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya
Ketum PBNU Gus Yahya di Surabaya (Foto: Faiq Azmi/detikJatim)
Surabaya -

Ketum PKB Muhaimin Iskandar beberapa waktu lalu mengunjungi Madura untuk melakukan safari politik. Muhaimin mengaku yakin akan mendapat dukungan NU.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau akrab disapa Gus Yahya menanggapi bahwa secara lembaga, NU tidak boleh mendukung. Namun secara jemaah, dibebaskan dan persilahkan.

"Soal namanya juga keyakinan ya, dan NU itu kan ada jamiyyah dan jemaah. Sebagai jamiyyah atau lembaga tidak boleh menetapkan dukungan itu ndak boleh. Itu keputusan Muktamar loh, bukan saya. Tapi kalau jemaah, ya monggo," kata Gus Yahya saat di Surabaya, Kamis (17/2/2022).

Dia mengungkapkan jika ada calon presiden atau ketua partai politik mengaku mendapat dukungan dari warga Nahdliyin, silakan saja.

"Kalau siapapun termasuk Pak Muhaimin klaim bahwa warga NU mendukung, ya alhamdulillah monggo, gak masalah," tegasnya.

Sebelumnya diketahui, Ketum PKB Muhaimin Iskandar melakukan safari politik di sejumlah lokasi di Bangkalan. Gus Muhaimin, sapaan akrabnya, optimis, akan mendapat dukungan dari NU.

"Ya pastilah yakin saya mendapat dukungan NU," kata Gus Muhaimin usai menghadiri deklarasi dukungan dari Gerakan Nahdliyin Bersatu Bangkalan-Sampang, di Ponpes Nurul Karomah, Kamis (10/2/2022).



Simak Video "Cak Imin Persilakan Parpol Lain Gabung Koalisi PKB-Gerindra"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)