Wajib Tahu! Ini Aturan Berkunjung ke Malang Raya Saat PPKM Level 3

Tim detikJatim - detikJatim
Rabu, 16 Feb 2022 14:05 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Surabaya -

Warga Surabaya yang mau weekend ke Malang Raya, sebaiknya perhatikan aturan PPKM Level 3 di Jatim. Pasalnya PPKM di Jawa Timur diperpanjang hingga 21 Februari 2022. Ada 12 Kabupaten/Kota yang masuk PPKM Level 3.

Sesuai Instruksi Mendagri No 10 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, 2 dan Level 1 COVID-19 Wilayah Jawa dan Bali dijelaskan beberapa aturan mulai sistem belajar tatap muka, kapasitas kerja non esensial dan esensial, sektor pariwisata sampai dengan kapasitas resepsi pernikahan hanya 25 persen.

Berikut aturan lengkapnya untuk wilayah PPKM Level 3:

°Dine in di warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat dengan maksimal pengunjung makan 60%. Adapun waktu makan maksimal 60 menit.

°Restoran, rumah makan atau kafe yang berada di dalam gedung atau toko atau area terbuka maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mall diizinkan buka asal menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kapasitas pengunjung maksimal 60%, satu meja maksimal diisi dua orang, wajib menggunakan PeduliLindungi, serta durasi makan maksimal 60 menit.

°Restoran, rumah makan atau kafe yang beroperasi mulai pukul 18.00 waktu setempat, diizinkan buka sampai pukul 00.00 waktu setempat dengan kapasitas maksimal 25 persen, satu meja diisi dua orang, menggunakan PeduliLindungi, serta durasi makan selama 60 menit.

°Kapasitas di mal atau pusat perbelanjaan maksimal 60% dan beroperasi hanya sampai pukul 21.00 waktu setempat, anak di bawah 12 tahun diizinkan masuk asal didampingi orang tua.

°Tempat bermain anak-anak dan tempat hiburan di dalam pusat perbelanjaan atau mal boleh buka asal kapasitasnya 50%. Anak-anak usia 6-12 tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi.

°Pasar rakyat yang menjual barang non kebutuhan sehari-hari dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 60% dan jam operasional sampai dengan Pukul 20.00 waktu setempat.

°Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, barbershop/pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan lain-lain yang sejenis diizinkan buka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 WIB yang pengaturan teknisnya dilakukan pemerintah daerah.

°Fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya) dibuka dengan kapasitas maksimal 50%.

Beberapa waktu terakhir kasus COVID-19 di Malang Raya mengalami peningkatan, sesuai data Satgas COVID-19 per 14 Februari 2022, jumlah kasus aktif di Malang Raya sebanyak 272 kasus.

Kota Malang dan Kabupaten Malang memiliki jumlah kasus tinggi, masing-masing untuk Kota Malang ada penambahan 144 kasus dan Kabupaten Malang 127 kasus, Kota Batu hanya satu kasus.



Simak Video "Antisipasi Pengelola Gedung Pernikahan saat PPKM Level 3 "
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)