Belasan Kendaraan Pakai Strobo di Ponorogo Terjaring Razia

Charoline Pebrianti - detikJatim
Senin, 14 Feb 2022 21:01 WIB
razia strobo di ponorogo
Salah satu mobil yang terjaring razia strobo (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo -

Belasan kendaraan roda dua dan roda empat di Ponorogo yang memasang strobo terjaring razia. Rinciannya, 7 kendaraan roda 4 dan 12 kendaraan roda dua terjaring razia saat melintas di Jalan Trunojoyo, Kecamatan Ponorogo.

Kasie Propam Polres Ponorogo Iptu Sultoni mengatakan penggunaan lampu isyarat strobo, rotator, dan sirine pada kendaraan Polri maupun pribadi di jalan raya yang tidak sesuai dengan peruntukannya yang menimbulkan komplain dari pengguna jalan lain adalah dilarang.

"Saat razia ditemukan kendaraan R2 maupun R4 memakai lampu strobo warna biru," tutur Sultoni kepada wartawan, Senin (14/2/2022).

Sultoni menambahkan meski terazia, pemilik kendaraan tidak dikenai sanksi tilang. Hanya diberi imbauan agar tidak memasang kembali lampu strobo.

razia strobo di ponorogoSepeda motor juga terjaring razia strobo (Foto: Charoline Pebrianti)

"Jika di kemudian hari ada yang masih nekat, maka kami akan lakukan penindakan berupa surat tilang dari Satlantas Polres Ponorogo," imbuh Sultoni.

Kegiatan razia ini melibatkan personel dari CPM Ponorogo, Satlantas Polres Ponorogo dan Personel Propam Polres Ponorogo dengan sasaran masyarakat umum maupun anggota TNI-Polri yang kendaraan R4 maupun R2 dipasang lampu strobo.

"Dari hasil razia, tidak ada anggota polisi maupun TNI yang memasang strobo," tandas Sultoni.

Sultoni juga menerangkan terkait penggunaan lampu strobo, warna biru untuk kendaraan dinas Polri dengan memakai sirine. Lampu strobo berwarna merah hanya untuk kendaraan ambulans, BPBD, pemadam kebakaran, PMI dengan memakai sirine.

Lampu strobo warna kuning diperuntukkan untuk kendaraan patroli jalan tol tanpa sirine. Lampu strobo yang diperbolehkan untuk kendaraan umum adalah warna putih dan kuning.

"Dimaksudkan lampu kuning untuk kabut supaya kelihatan sedangkan warna putih untuk membantu penerangan," pungkas Sultoni.



Simak Video "Kompolnas soal Mobil Pelat 'RF' Pakai Rotator: Tidak Ada Prioritas!"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)