20 Dusun di Pasuruan Terendam Banjir Setinggi 100 Cm, Ribuan KK Terdampak

Muhajir Arifin - detikJatim
Senin, 14 Feb 2022 12:37 WIB
Desa-desa di Pasuruan Masih Terendam Banjir Setinggi 100 Cm, Ribuan KK Terdampak
Banjir di Pasuruan masih melanda 20 dusun (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan -

Banjir di sejumlah desa di Pasuruan sejak Sabtu (12/2/2022) belum surut. Sejumlah desa masih terendam air setinggi 100 cm.

Pantauan detikJatim, banjir dua desa di Kecamatan Beji, Kedungringin dan Kedungboto masih setinggi 60-100 Cm. Warga tidak bisa melakukan aktivitas. Akses jalan antar desa juga lumpuh.

Warga hanya bisa duduk-duduk di depan rumah di atas dipan maupun perkakas yang tidak terendam air. Tampak pula anak-anak bermain rakit menyusuri banjir.

"Di Kedungringin ada 10 dusun, empat dusun terendam banjir," kata salah satu warga Kedungringin, Henry Sulfianto, Senin (14/2/2022).

Menurut Henry, para emak-emak saat ini sudah menyiapkan makanan untuk dibagikan ke warga. Warga juga membutuhkan air bersih.

Dua desa di Kecamatan Beji ini letaknya lebih rendah dari desa lain dan merupakan langganan banjir. Banjir di desa ini bisa bertahan hingga berhari-hari karena air tidak bisa mengalir ke laut.

Desa-desa di Pasuruan Masih Terendam Banjir Setinggi 100 Cm, Ribuan KK TerdampakRibuan warga Pasuruan terdampak banjir masih mengungsi/Foto: Muhajir Arifin

Sementara di Kecamatan Rejoso, sebanyak enam desa masih dikelilingi banjir.

"Antara lain Desa Rejoso Lor, Kedungbako, Arjosari, Patuguran, Jarangan dan Toyaning," kata Camat Rejoso, Ahmad Hadi.

Di Desa Rejoso Lor, ketinggian banjir mencapai 50-100 Cm dengan warga terdampak sebanyak 975 kepala keluarga (KK) di enam dusun. Di Desa Kedungbako, banjir setinggi 50 Cm di dua dusun dan berdampak ke 150 KK. Kemudian di Desa Arjosari, banjir masih setinggi 40 Cm, dan sebanyak 60 KK di satu dusun terdampak.

Di Desa Patuguran, banjir setinggi 40 Cm masih melanda satu dusun dengan 150 KK terdampak. Di Desa Jarangan, sebanyak 150 KK di satu dusun terdampak banjir. Kemudian di Desa Toyaning, 5 dusun terendam banjir setinggi 40-50 Cm, yang mana sebanyak 840 KK terdampak.

Untuk banjir di Desa Kewadungwetan, Kecamatan Grati, susah surut. Hanya tampak genangan di beberapa lokasi. Jalan antar kecamatan yang pada Minggu (13/2) terendam sudah bisa dilalui kendaraan. Banjir di desa-desa lain Pasuruan juga surut.



Simak Video "Korban Tewas Banjir di Kentucky Jadi 16 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)