Interaksi detikjatim

Lamongan Bangga Punya Bangkai Kapal van der Wijck

Tim detikjatim - detikJatim
Minggu, 13 Feb 2022 14:06 WIB
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi hadir dalam launching detikjatim. Dalam interaksi detikjatim, ia menyampaikan dua potensi Lamongan.
Bupati Lamongan Yuhronur Effendi (dua dari kiri)/Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya -

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi hadir dalam launching detikjatim. Dalam interaksi detikjatim, ia menyampaikan dua potensi Lamongan.

Yang pertama soal UMKM. Menurutnya, Lamongan memiliki lebih dari seribu UMKM yang terus memacu kreativitas.

"Kita punya seribuan UMKM aktif. Terus kita dorong lebih baik," kata Yuhronur, Minggu (13/2/2022).

Yang kedua, Yuhronur menyebutkan potensi wisata. Mulai dari wisata pantai dan hingga wisata bahari lainnya.

"Di Lamongan ada bangkai Kapal van der Wijck," imbuhnya.

Launching detikjatim digelar di Ballroom Hotel JW Marriot, Surabaya, Minggu (13/2/2022) mulai pukul 13.00 WIB. Acara ini didukung oleh Enesis, Telkom Indonesia, Telkomsel, Bank Jatim, PLN, OPPO, Pemprov Jatim, Pemkot Pasuruan, Pemkot Mojokerto, Pemkab Kediri, Pemkab Jember, Pemkab Banyuwangi, Pemkab Mojokerto dan Pemkot Kediri.

Seperti diketahui, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, eksplorasi Kapal van der Wijck yang diceritakan tenggelam di perairan Lamongan pada 1936. Kapal van der Wijck merupakan kapal uap milik Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM). Dibuat oleh Maatschappij Fijenoord, Rotterdam tahun 1921. Namanya diambil dari nama Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang berkuasa dari tahun 1893 hingga 1899, yang bernama Carel Herman Aart van Der Wijck, yang melayani kawasan perairan di Hindia Belanda.



Simak Video "Wika Salim 'Pamer Bojo' di Depan Para Pejabat Jatim"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)