Langkah Polisi di Bojonegoro Tangani Kasus COVID-19 yang Terus Menanjak

Ainur Rofiq - detikJatim
Selasa, 08 Feb 2022 14:14 WIB
Kapolres Bojonegoro
Kapolres Bojonegoro AKBP Muhammad (Foto: Ainur Rofiq)
Bojonegoro -

Kasus aktif COVID-19 di Jatim mengalami kenaikan. Polisi di Bojonegoro melakukan sejumlah upaya menekan penularan COVID-19 di wilayahnya.

Upaya yang dilakukan yakni melaksanakan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan (Prokes) dan imbuan prokes dengan Patroli Bermotor Penegakan Protokol Kesehatan Masyarakat atau Pamor Keris.

"Apa yang dilakukan Polres Bojonegoro beserta Polsek jajaran untuk mengedukasi dan mengingatkan kepada masyarakat agar tidak lengah serta tetap waspada terhadap virus COVID-19. Apa lagi ada varian baru jenis Omicron jangan sampai kendor dalam prokes," kata Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad, Selasa (8/2/2022).

Muhammad juga mengingatkan para Bhabinkamtibmas untuk bersinergi dengan tiga pilar yang ada di desa binaannya yakni Babinsa, Kepala desa dan Tenaga Medis. Hal ini sebagai upaya testing dan tracing apa bila ada warganya yang terindikasi gejala COVID-19.

Tak hanya itu, jika ada warga yang positif Corona, akan segera dilakukan penanganan demi meminimalisir atau mengantisipasi penyebaran COVID-19, misalnya dengan mengirimnya ke isolasi terpusat (isoter) yang telah disediakan oleh Pemerintah Daerah.

"Jadi kita harus melakukan langkah-langkah sinergitas antisipatif kolaboratif dengan seluruh stakeholder untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 maupun varian baru. Antisipasi ini harus kita lakukan untuk bisa memberikan perlindungan dan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat, bahwa ini belum selesai, varian apapun, itu adalah COVID-19," imbuh Muhammad.

Dia berharap ada kesadaran masyarakat untuk bersama-sama mencegah penularan COVID-19. Sehingga angka penyebarannya dapat ditekan.

"Patuhi Prokes dengan menerapkan 5M seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan harus tetap dijalankan, demi kebaikan bersama," pesannya.

Sementara itu, data dari Humas Satgas percepatan penanggulangan COVID-19 Bojonegoro, per tanggal 7 Febuari 2022, terdapat 7 pasien baru dan 3 pasien dinyatakan sembuh. Sedangkan jumlah kasus aktif COVID-19 di Bojonegoro ada 23 orang.



Simak Video "Kasus Aktif Covid-19 di DKI Tembus Seribu, Riza Ungkap Penyebabnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/hil)