Tambah 99, Kasus Aktif COVID-19 di Surabaya Jadi 156

Esti Widiyana - detikJatim
Jumat, 28 Jan 2022 22:29 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Surabaya -

Kasus COVID-19 di Kota Surabaya terus melonjak setiap harinya. Per hari ini, Jumat (28/1/2022), kasus aktif di Surabaya ada 156 orang.

Berdasarkan data dari lawancovid-surabaya.go.id per 28 Januari 2022 ada tambahan 99 kasus aktif hari ini. Sehingga total kasus pasien aktif ada 156, dan total kumulatif 67.556.

Kemudian untuk kesembuhan, hari ini ada 69 orang sudah dinyatakan negatif COVID-19. Total sembuh kumulatif ada 64.837 orang.

Sedangkan untuk kasus kematian COVID-19 hari ini bertambah 1 lagi. Sehingga, total kumulatif ada 2.563 orang.

Wali Kota Surabaya mengatakan, hampir 50 persen yang terpapar adalah orang yang telah memiliki riwayat perjalanan luar kota. Menurutnya, orang-orang yang berada di Kota Surabaya tidak hanya melakukan aktivitas di dalam kota saja, melainkan juga melakukan aktivitas pekerjaan diluar kota.

"Ada yang ke luar kota lalu kembali (pulang) sakit, tapi yang kita lihat adalah ternyata dampaknya Alhamdulillah tidak sampai parah dan sembuhnya langsung cepat," kata Eri saat ditemui detikJatim, Jumat (28/1/2022).

Oleh karena itu, ia meminta warga yang terpapar COVID-19 akan segera dilakukan karantina di Hotel Asrama Haji (HAH). Namun, apabila kondisi pasien semakin memburuk dan membutuhkan perawatan, maka akan langsung dilakukan perawatan di rumah sakit.

"Saya tidak memperkenankan isolasi mandiri dirumah. Terutama varian Omicron yang cepat menular, dan nanti insyaallah, biasanya 14 hari yang sembuh juga banyak," ujarnya.

Meski terjadi kenaikan angka kasus COVID-19, Eri tetap berkomitmen untuk menjaga asesmen Kota Surabaya Level 1. Bagi dia, hal ini merupakan tugas penting untuk mengamankan seluruh warga Kota Surabaya.

"Kita menjaga BOR (Bed Occupancy Rate) dan ada 3T (Tracing, Testing, Treatment). Walaupun kasus positif naik, kita masih tetap mempertahankan Surabaya Level 1 dan tetap menjaga protokol kesehatan," pungkasnya.



Simak Video "Ada yang Buat WHO Meragu soal Sirkulasi Covid-19 di Dunia Saat Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)