BOR COVID-19 RS Husada Utama Meningkat 15 Persen, Didominasi Omicron

Esti Widiyana - detikJatim
Kamis, 27 Jan 2022 19:11 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Surabaya -

Kasus aktif COVID-19 di Kota Surabaya terus meningkat. Begitu pula dengan pasien di RS Husada Utama (RSHU) Surabaya. Pasien COVID-19 disebut terus meningkat. Bahkan banyak pasien terdeteksi varian omicron.

"Malah sekarang 20 pasien, baru masuk 1 warga Dupak Surabaya," kata Dirut RSHU dr Didi Dewanto SpOG saat dihubungi detikJatim, Kamis (27/1/2022).

Kini, bed occupancy rate (BOR) di RSHU terisi 15 persen. Ruang isolasi khusus COVID-19 sendiri ada 170.

Didi mengatakan, meningkatnya pasien COVID-19 ini sejak 19 Januari 2022. Bahkan banyak pasien terdeteksi varian Omicron yang dirawat di RSHU.

"Hampir semua Omicron pasti (Yang saat ini dirawat). Sudah ada 7 pasien kita lakukan SGTF ( S Gene Target Failure) tes di BBTKL. Hasilnya "Probable Omicro" semua. Tanggal 20 Januari ada satu klaster keluarga 3 orang, kita periksakan WGS COVID-19 positif Omicron," jelasnya.

Dia menyebut kebanyakan pasien memiliki riwayat perjalanan luar kota, baik Omicron maupun tidak. Pasien yang dirawat juga tidak semuanya warga Surabaya.

"Kebanyakan pasien pelaku perjalanan, dari Bali, Magelang, Jakarta. Kalau hari ini pasien non KTP Surabaya ada 8," ujarnya.

Sementara di RS PHC Surabaya dan RS Unair belum ada pasien COVID-19 yang dirawat. BOR COVID-19 di dua rumah sakit ini masih 0 (nol) pasien.



Simak Video "WHO Ingatkan Pandemi Covid-19 Belum Usai: Kasus Naik di 50 Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)