Menko PMK Sebut Kelahiran Anak Berstatus Tanpa Orang Tua Capai 23 Ribu

Sugeng Harianto - detikJatim
Rabu, 26 Jan 2022 22:03 WIB
menko pmk muhadjir effendy
Menko PMK Muhadjir Effendy di Madiun (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun -

Jumlah anak dengan status tidak punya orang tua di Indonesia sangat tinggi. Demikian dikatakan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat kunjungan kerja di Madiun.

"Anak yang tidak punya status orang tua saat ini tinggi (di Indonesia). Ini problem kita," ujar Muhadjir di Desa Simo Kecamatan Balerejo Madiun Rabu, (26/1/2002).

Disebutkan Muhadjir bahwa jumlah anak dengan status tanpa orang tua mencapai lebih dari 23 ribu. Permasalahan tersebut merupakan problem yang akan diselesaikan pemerintah. Anak berstatus tanpa orang tua adalah anak yang dilahirkan di uar nikah atau tanpa ada bapak.

"Anak yang tidak punya status orang tua lebih dari 23 ribu, status dia ortunya siapa. Ini problema yang harus di selesaikan (pemerintah)," kata Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan setiap kades harus mendata setiap warganya yang sedang hamil. Disebutkan oleh Muhadjir bahwa kekerasan seksual menjadi penyebab tingginya kasus anak berstatus tanpa orang tua.

"Kades harus tahu berapa yang hamil. Yang mengerikan banyak sekali kekerasan seksual yang terjadi saat ini timbul dari orang terdekat," jelas Muhadjir.

Muhadjir menambahkan nilai pendidikan akhlak keagamaan di sekolah dan keluarga harus ditingkatkan. "Pendidikan akhlak ini penting untuk benteng anak kita. Tingkatkan keagamaan," tandasnya.



Simak Video "Menko PMK Cek Lokasi Keluarga Miskin Ekstrem di Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)