6 Dosen Unusa Masuk Daftar 5 Ribu Ilmuwan Indonesia Versi AD Scientific Index

Hanaa Septiana - detikJatim
Rabu, 26 Jan 2022 14:25 WIB
Enam Dosen Unusa Masuk Daftar Lima Ribu Ilmuwan Indonesia Versi AD Scientific Index
Foto: Istimewa (Dok Unusa)
Surabaya -

Enam dosen Universitas Nahdlatul Ulama (Unusa) masuk daftar lima ribu ilmuwan Indonesia versi Alper Doger (AD) Scientific Index tahun 2022. Ini bentuk pengakuan lembaga dunia atas prestasi ilmuwan.

Mereka adalah Prof Achmad Jazidie (Rektor Unusa), Teguh Herlambang, Ubaidillah Zuhdi, Mohamad Yusak Anshori, Abdul Muhith, dan Achmad Syafiudin.

Daftar ini merupakan bentuk pengakuan lembaga dunia atas prestasi karya yang diberikan oleh ilmuwan. Yang diukur berdasarkan karya ilmiah yang dipublikasi dan dinilai produktivitasnya. Misalnya jumlah kutipan yang telah dikutip dan menjadi sumber rujukan karya ilmiah peneliti lainnya.

AD (Alper-Doger) Scientific Index menilai produktivitas kinerja publikasi selama lima tahun terakhir dari para ilmuwan seluruh dunia. Dalam berbagai bidang studi dan cabang akademik dari 14.120 perguruan tinggi dan 215 negara.

Rektor Unusa Prof Dr Ir Achmad Jazidie turut mengapresiasi prestasi tersebut. Dia berharap capaian ini dapat memotivasi dosen lain untuk terus menerbitkan hasil-hasil penelitian maupun pengabdian masyarakatnya melalui jurnal-jurnal ilmiah bereputasi.

Menurut dia, pencapaian ini merupakan langkah untuk Unusa memperoleh pengakuan internasional. Selain itu, mereka juga membuat program kerja sama dengan lembaga-lembaga internasional dan perguruan tinggi di luar negeri.

"Itu akan terus kami tingkatkan," kata Prof Jazidie.

Prof Jazidie menambahkan, ada tiga pertimbangan Unusa untuk mewujudkan pengakuan internasional. Yaitu tren global perguruan tinggi, kebijakan nasional, dan kondisi riil Unusa. Unusa optimis untuk melaksanakannya.

"Ini tantangan yang harus segera diwujudnyatakan," kata dia.



Simak Video "Eksperimen NASA Bercocok Tanam Pakai Tanah dari Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)