RSUD Simpang Lima Gumul Kediri Kini Punya Fasilitas Baru, Apa Itu?

Andhika Dwi Saputra - detikJatim
Senin, 24 Jan 2022 22:06 WIB
mas dhito di RSUD Simpang Lima Gumul
Mas Dhito di RSUD Simpang Lima Gumul (Foto: Andhika Dwi Saputra)
Kediri -

RSUD Simpang Lima Gumul semakin maju dan berkembang dengan menambah fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Yang terbaru dan hari ini dilaunching oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana adalah ICVCU, Nicu-Picu, Emas dan Jejaring Kardiovaskular.

Dalam keadaan emergency seluruh pelayanan tersebut dapat diakses 24 jam oleh seluruh masyarakat dengan call center (0354) 280 9000 (bebas pulsa). Peningkatan layanan kesehatan merupakan wujud komitmen pemerintahan Mas Dhito untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

Sebagai salah satu Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Kediri, Penambahan layanan ini akan memberikan dampak positif bagi RSUD ini sendiri dan bisa saja naik kelas.

"Saya ingin kalau ada orang sakit itu tidak selalu ke RSKK yang semua orang sudah tahu. Bagaimana masyarakat Kabupaten kediri bahkan se-Karesidenan kediri juga harus tahu kalau Kabupaten Kediri juga memiliki RSUD Simpang Lima Gumul yang suatu saat bisa naik kelas," jelas Mas Dhito, Senin (24/1/2022).

Mas Dhito mengatakan bagaimana caranya meningkatkan fasilitas dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat semaksimal mungkin. Salah satunya adalah dengan menekan angka kematian bayi dan angka kesakitan pada kelompok usia produktif sebagai prioritas standar pelayanan minimal di bidang kesehatan.

Walaupun angka kematian Bayi dan balita pada periode 2016 sampai 2020 menunjukkan trend posititif dan cenderung melandai, kata Mas Dhito, tetapi jangan sampai membuat lengah. Keberadaan dan kesiapan fasilitas kesehatan tetap harus kita tingkatkan.

"Jadi kematian bayi, serangan jantung merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menjadikan masyarakat sehat, produktif. Nicu picu pelayanan perawatan intensif bayi dan anak, tujuannya untuk menekan angka kematian bayi dan anak," kata Mas Dhito.

Sedangkan Pelayanan ICVCU ditujukan untuk perawatan intensif untuk masyarakat yang terkena serangan jantung. Kemudian layanan Sistem Jejaring Kardiovaskular yang didukung oleh Team EMAS dan Command Center fungsinya untuk membantu masyarakat yang terkena serangan jantung, kecelakaan lalu lintas dan hal-hal yang sifatnya urgen di Kabupaten Kediri.

"Harapannya pelayanan publik yang sifatnya urgen bisa secepatnya ditangani oleh petugas medis yang berkompeten dan masyarakat yang sakit bisa segera ditolong," pungkas Mas Dhito.



Simak Video "Berziarah Ke Makam Syekh Alwasil di Kota Kediri"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)