Ganti Baju Dewa Mak Co di Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung Jelang Imlek

Adhar Muttaqin - detikJatim
Minggu, 23 Jan 2022 23:01 WIB
Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung
Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Tulungagung -

Menjelang Tahun Baru Imlek 2573, pihak Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung menggelar tradisi ganti baju Dewa Mak Co. Selain dewa utama, pihak kelenteng juga mengganti baju belasan dewa lainnya.

Bio Ma Kelenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung Rini Setyawati, mengatakan penggantian baju Mak Co telah menjadi tradisi turun temurun di tempat ibadah tersebut. Jumlah total dewa yang diganti baju mencapai 17 patung.

"Ini adalah ritual ganti baju Mak Co dan dewa lainnya. Tiap menjelang Imlek para dewa ini bajunya kami ganti dengan yang warna merah. Kemudian kalau menjelang ulang tahun Mak Co kami ganti dengan baju kuning," kata Rini Setyawati atau Tjio Jin Jin, Minggu (23/1/2022).

Warna merah tersebut melambangkan kebahagiaan dan menjadi warga identik dari tahun baru Imlek. Prosesi penggantian tersebut dilakukan langsung oleh orang yang membelikan baju, namun yang bersangkutan harus memenuhi syarat dari dewa.

"Yang mengganti baju itu juga sesuai dengan permintaan Yang Mulia, di sini biasanya dilakukan oleh perempuan single, apakah itu janda atau yang belum menikah," ujarnya.

Rini menambahkan, selain prosesi penggantian baju dewa, masih terdapat ritual yang akan dilakukan sebelum tahun baru Imlek 1 Februari 2022 mendatang. Di antaranya adalah sembayang sang sin atau malaikat naik ke atas serta tradisi pengayakan abu hio.

"Untuk sang sin akan kami lakukan tanggal 26 dan ayak abu tanggal 27 Januari. Ayak abu nanti semua abu hio dari depan sampai belakang kami ayak dan dibersihkan dari kotoran-kotoran," jelasnya.

Rini menjelaskan, setiap klenteng memiliki tradisi yang berbeda-beda saat menjelang perayaan Tahun Baru Imlek. "Ada juga yang setelah sang sin, dilakukan prosesi memandikan seluruh dewa. Jadi tiap kelenteng beda," imbuhnya.



Simak Video "Meriahnya Perayaan Tahun baru Imlek di Kota Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)