Ganti Jubah Sambut Imlek, Petugas Klenteng Banyuwangi Wajib Vegetarian 3 Hari

Ardian Fanani - detikJatim
Minggu, 23 Jan 2022 22:19 WIB
Klenteng Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hoo Tong Bio Banyuwangi
Klenteng Hoo Tong Bio (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Ritual menyambut Tahun Baru Imlek 2537 Kongzili di Klenteng Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hoo Tong Bio terus dilakukan. Pihak yayasan membersihkan dan mengganti jubah Yang Mulia Kongco Tan Hu Cin Jin. Sebelum pembersihan dan pengantigan jubah, petugas melakukan sembahyangan.

Kegiatan digelar sejak pagi hingga sore, Minggu (23/1/2022). Untuk kali ini, pembersihan menyambut tahun baru Imlek 2537 Kongzili yang jatuh pada tanggal 1 Februari 2022 ini, dilakukan di dalam tempat persembahyangan.

Sekretaris TITD Klenteng Hoo Tong Bio, Alexander Martin mengatakan, kegiatan diawali dengan membersihkan Altar sembahyangan Rupang Dewa Dewi. Setelah itu dilanjutkan dengan membersihkan Ruang Dewa Dewi. Baru selanjutnya digelar pula pengantigan jubah Yang Mulia KongCo Tan Hu Cin Jin.

"Pembersihan dilakukan di dalam tempat persembahyangan. Mulai altar, rupang dewa dewi dan pengantigan jubah," ujarnya kepada detikJatim.

Sebelum melakukan pembersihan, kata Alexander, petugas melakukan ritual khusus. Bahkan petugas wajib menjalankan vegetarian sebelum melakukan aktivitas pembersihan di dalam Klenteng.

"Ada ritual khusus untuk pembersihan dan pengantigan jubah. Ini agar selamat," tambahnya.

Dalam persembahyangan pergantian tahun baru Imlek, kata Alexander, pada tahun sebelumnya dimulai pada pukul 23.00 WIB. Namun pada tahun ini bakal diajukan pada pukul 21.00 WIB. Tak hanya itu, pada masa pandemi COVID-19 ini, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Kita ajukan jam 9 malam. Biar tidak kemalaman," tambahnya.

Untuk menghindari kerumunan, tambah Alexander, persembahyangan dilakukan secara terbatas.

"Kalau kapasitas itu sekitar 50an orang yang di dalam. Ini mungkin kita batasi 30 orang. Kita juga tidak menggelar pertunjukan Barongsai karena nanti akan menjadi lokasi pengumpulan massa," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, klenteng Hoo Tong Bio, Banyuwangi mulai bersolek menyambut tahun baru Imlek 2537 Kongzili yang jatuh pada 1 Februari 2022. Bangunan megah Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hoo Tong Bio sudah dipasangi lampion baru untuk menyambut tahun macan air ini.

Klenteng yang berada di Kelurahan Karangrejo, Banyuwangi ini sejak siang sudah ramai dengan aktivitas umat yang membersihkan bagian luar Klenteng. Mereka mengganti lampion lama dengan yang baru.



Simak Video "Meriahnya Perayaan Tahun baru Imlek di Kota Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)