Minyak Goreng Satu Harga Berlaku Mulai Rabu Pekan Depan di Kota Blitar

Erliana Riady - detikJatim
Minggu, 23 Jan 2022 19:29 WIB
Minyak Goreng Satu Harga Berlaku Mulai Rabu Pekan Depan di Pasar Kota Blitar
Foto: Erliana Riady
Blitar -

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Blitar menetapkan harga minyak goreng di pasar tradisional Rp 14 ribu/liter berlaku pekan depan. Jika stok pedagang masih ada, dianggap sebagai risiko orang berjualan.

Kabid Pengawasan Perindustrian dan Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Blitar, Adam Bachtiar mengatakan pemberlakuan minyak satu harga di pasar tradisional Kota Blitar mulai Rabu (26/1/2022).

"Hasil koordinasi dengan provinsi kemarin, ada kebijakan di tingkat ritel toko modern dan pasar tradisional mulai Rabu (26/1). Kami kab/kota hanya mengikuti. Jadi diberi waktu seminggu untuk menghabiskan stok lama minyak goreng dulu," kata Adam dikonfirmasi detikjatim, Minggu (23/1/2022).

Menurut Adam, sebenarnya kebijakan minyak goreng satu harga Rp 14 ribu per liter di tingkat ritel toko modern mulai diterapkan Rabu (19/1/2022).
Menyusul kemudian di pasar-pasar tradisional.

Ini karena pedagang pasar banyak yang keberatan jika stok lama mereka dijual Rp 14 ribu/liter. Namun jika sampai Rabu pekan depan, masih saja ada pedagang yang menjual dengan harga lama, itu merupakan resiko mereka.

"Sebenarnya sama dengan hukum pasar ya. Mungkin ketika harga minyak melonjak naik, mereka untung besar karena harga kulaknya masih normal. Sekarang saat ada kebijakan baru, ya resiko mereka kalau harus merugi," ungkapnya.

Kebijakan minyak goreng satu harga muncul setelah banyaknya warga mengeluh pascanaiknya harga minyak goreng lebih dari 20 persen. Keluhan disampaikan terutama didominasi pelaku usaha kecil, karena kenaikam berbarengan harga komoditi lain. Seperti harga gula, beras dan menyusul kemudian harga elpiji.



Simak Video "Permainan Migor di Kemendag Terkuak, Jokowi: Usut Tuntas!"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)