Pernyataan Gus Makki Dukung Cak Imin Nyapres Berujung Dipanggil PBNU

Ardian Fanani - detikJatim
Minggu, 23 Jan 2022 16:51 WIB
Gus Makki Diberi Pesan Khusus Rais Syuriyah PWNU Jatim
Gus Makki diberi pesan khusus dari KH Anwar Mansur (Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Ketua PCNU Banyuwangi KH. Moh Ali Makki dipanggil PBNU terkait pusaran dukungan terhadap bakal calon presiden Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Dukungan ini seiring dengan klaim Ketua DPP PKB itu, yang diminta maju dalam Pilpres 2024 nanti.

Bagaimana statemen lengkap Ketua PCNU Banyuwangi saat digelar konsolidasi di Kantor PCNU Banyuwangi, Rabu (19/1/2022)?

Menurut Ketua PCNU Banyuwangi, konsolidasi yang digelar di Kantor PCNU itu langkah awal pencalonan Cak Imin menjadi bakal calon presiden dalam Pilpres 2024 mendatang.

"Ini sebuah langkah awal, setelah melalui kesepakatan para gus-gus. Maka kemudian kita lanjutkan untuk minta pangestu kepada para kiai di Banyuwangi," ujarnya kepada detikJatim.

Sosok Muhaimin Iskandar, kata pria yang akrab disapa Gus Makki ini, merupakan kader NU yang sengaja diletakkan di partai politik. Sehingga patut didukung dalam kontestasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada tahun 2024 nanti.

"Kita dipertemukan dalam satu kesefahaman di tahun 2024, kader NU sejak awal diletakkan di partai politik ini kita dukung," tambahnya.

Bahkan, kata Gus Makki, Cak Imin merupakan satu-satunya kader NU yang pantas untuk maju dalam Pilpres 2024.

"Kita tidak punya orang lain, kita Bismillah untuk membersamai Gus Muhaimin di tahun 2024 nanti," pungkasnya.

Ketua PCNU Banyuwangi dipanggil setelah PBNU menerima laporan adanya agenda politik Pemilihan Presiden 2024 yang melibatkan PCNU Banyuwangi. Bahkan kegiatan itu juga digelar di kantor PCNU Banyuwangi pada Rabu (19/1/2022) dengan mendatangkan salah satu bakal calon presiden. Bakal calon yang dimaksud adalah Muhaimin Iskandar, Ketua Umum DPP PKB.

Sementara pemanggilan PCNU Sidoarjo dilandasi adanya laporan kegiatan yang diinisiasi DPC PKB Sidoarjo dan melibatkan seluruh MWCNU se Kabupaten Sidoarjo.

Terkait hal ini, Ketua PCNU Banyuwangi dan Sidoarjo diminta segera memberikan laporan tertulis dan lengkap untuk selanjutnya dua Ketua PCNU ini diminta menyampaikan secara langsung kepada Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf di kantor PBNU.



Simak Video "Sebut Sering Berseberangan, Cak Imin Ungkap Lily Wahid Sosok Punya Prinsip"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)