Dua TKI yang Pulang dari Malaysia Lewat Bandara Juanda Positif COVID-19

Suparno - detikJatim
Minggu, 23 Jan 2022 09:10 WIB
Sebanyak 129 Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI tiba di Bandara Juanda pada Sabtu (22/1). Dua di antaranya diketahui positif COVID-19.
TKI tiba di Bandara Juanda/Foto: Istimewa
Sidoarjo -

Sebanyak 129 Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI tiba di Bandara Juanda pada Sabtu (22/1). Dua di antaranya diketahui positif COVID-19.

Dua TKI yang positif COVID-19 langsung dibawa ke RSU dr Soetomo Surabaya untuk menjalani perawatan. Namun belum diketahui apakah kedua orang tersebut positif varian Omicron atau bukan. Sebab untuk mengerti itu harus menunggu hasil laboratorium.

Mereka adalah pelaku perjalanan luar negeri pertama sejak Terminal 2 Bandara Juanda dibuka. Para PMI tersebut pulang ke Indonesia dengan menggunakan pesawat Malaysia Airlines Nomor Penerbangan MH 871.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto meninjau langsung kedatangan PMI dari Malaysia tersebut. Mereka menjalani rangkaian screening kesehatan sekitar 3,5 jam.

"Dari hasil pemeriksaan, ada 2 orang yang dinyatakan positif (COVID-19). Dan sekarang sudah dibawa ke RS dr Soetomo Surabaya untuk dilakukan penanganan," tutur Nurchahyanto yang didampingi Kapolda Jatim, Irjen Nico Afinta.

PMI yang lain langsung dibawa ke Asrama Haji Surabaya untuk dilakukan karantina. Mereka akan menjalani masa karantina selama tujuh hari ke depan.

Sebelum dibawa ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya, PMI harus melewati serangkaian pemeriksaan kesehatan. Mulai dari pengecekan suhu tubuh, pemeriksaan endemi, input NAR, pengambilan sampel RT PCR, kelengkapan dokumen hingga menunggu hasil tes PCR.



Simak Video " BP2MI Gagalkan Pengiriman 7 TKI Ilegal ke Timur Tengah"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/fat)